AMPHURI Dorong Pemerintah Persiapkan Keperluan Haji 2021

Rabu , 12 May 2021, 00:45 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Gita Amanda
Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) medorong pemerintah untuk mempersiapkan segala keperluan untuk operasional haji tahun 2021. (ilustrasi)
Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) medorong pemerintah untuk mempersiapkan segala keperluan untuk operasional haji tahun 2021. (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) medorong pemerintah untuk mempersiapkan segala keperluan untuk operasional haji tahun 2021. Seperti diketahu juru bicara dari Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah mengumumkan tahun ini akan ada penyelenggaraan ibadah haji.

 

Terkait

"AMPHURI mendorong pemerintah untuk melakukan persiapan yang lebih konkret," kata Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Asosiasi  Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (DPP AMPHURI), Firman M Nur kepada Republika, Selasa (11/5).

Baca Juga

Firman mengatakan, di antara hal yang perlu dilakukan Pemerintah Indonesia di antaranya adalah mulai melakukan vaksinasi calon jamaah yang akan berangkat dalam batasan usia 18 sampai dengan 60 tahun. Persiapan ini penting karena masalah vaksin sangat ketat dalam penyelenggaraan haji.

"Karena ini urgent sebagaimana menjadi syarat wajib yang ditentukan otoritas Saudi," katanya.

 

Sebelumnya, kata Firman, Kementerian Agama telah menyiapkan alur pergerakan jamaah haji 2021H. Untuk itu, lanjut Firman, sebaiknya pemerintah lebih fokus lagi pada persiapan skenario yang telah disiapkan tersebut sembari menunggu ketentuan detail dari Saudi.

 

Menurutnya, dengan dikeluarkan pernyataan dari pihak Saudi tersebut, AMPHURI semakin semangat dan terus menguatkan semua anggota PIHK. AMPHURI terus melakukan sinergi bersama tim haji yang sudah terbentuk demi tercapainya penyelenggaraan ibadah haji dengan baik.

"Untuk itu perlu bekerja keras dalam memastikan bahwa pelaksanaan haji dalam masa pandemi ini dapat dilaksanakan dengan baik dan khusyu," katanya.