Selasa 11 May 2021 16:54 WIB

Masjid Raya JIC Adakan Shalat Idul Fitri anya 50 Persen

Masjid Raya JIC Adakan Shalat Idul Fitri hanya 50 Persen

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Masjid Raya JIC Adakan Shalat Idul Fitri hanya 50 Persen. Foto: Jakarta Islamic Center
Foto: Muhammad Ubaidillah
Masjid Raya JIC Adakan Shalat Idul Fitri hanya 50 Persen. Foto: Jakarta Islamic Center

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Panitia Sholat Iedul Fitri Masjid Raya Jakarta Islamic Centre (JIC), Aep Saifullah mengatakan, Masjid Raya Jakarta Islamic Centre akan menyelenggarakan Sholat Idul Fitri pada hari Kamis, 13 Mei 2021. Hanya saja, panitia telah memutuskan bahwa masjid hanya akan diisi oleh 50 persen dari kapasitasnya.

"Sesuai anjuran pemerintah agar pelaksanaan Shalat Idul Fitri hanya diisi 50 persen dari kuota normal. Kalau di era biasa, di ruang ibadah utama, selasar dan koridor serta halaman masjid bisa menampung sebanyak 20 ribu orang jamaah," kata Aep Saifullah dalam siaran pers, Selasa (11/5).

Baca Juga

Aep juga menyarankan, agar jamaah yang datang ke masjid adalah warga sekitar. Sedangkan warga lainnya disarankan untuk sholat di masjid terdekat mereka atau di lapangan terdekat.

Selain itu, Aeo mengimbau agar jamaah dapat membawa alat sholat masing-masing, termasuk sajadah. Selain itu, jamaah juga diminta untuk terus menerapkan protokol kesehatan selama berada di lingkungan masjid.

"Jamaah juga harus membawa sajadah sendiri, memakai masker, mencuci tangan, memghindari kerumunan. Hal ini dilakukan untuk menjaga dan menghindari penularan Covid 19," terang Aep.

Pelaksaan Shalat Idul Fitri di Masjid Raya Jakarta Islamic Centre akan dimulai pukul 07.00 WIB. Aep berharap, jamaah dapat datang lebih untuk menghindari kerumunan.

"Diharap para jamaah datang lebih awal agar tidak terjadi kerumunan," tambahnya.

Yang akan menjadi Khotib Shalat Idul Fitri nanti adalah Ustadz Ali Muhammad Al Hudaibi seorang ahli hadist, hafidz, dosen, penceramah, dan pimpinan Pondok Pesantren Assunnah. Beliau juga merupakan alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kepala Sekretariat Jakarta Islamic Centre, Ahmad Juhandi menekankan, untuk shalat Idul Fitri pihaknya mengacu kepada anjuran pemerintah agar kapasitasnya hanya 50 persen. Ahmad berharap semua jamaah melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat untuk menghindari penularan Covid-19.

"Bagi jamaah yang belum menunaikan zakat, untuk segera mengunjungi gerai zakat di pintu masuk Masjid Raya Jakarta Islamic. Petugas JIC akan siap melayani," ujar Ahmad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement