Selasa 11 May 2021 17:44 WIB

Pasar Tanah Abang Lengang Jelang Penutupan

Pasar Tanah Abang ditutup mulai Selasa besok selama sepekan.

Warga melintas di depan kios-kios yang tutup saat penutupan Pasar Tanah Abang di Jakarta, Selasa (11/5/2021). Pasar Tanah Abang ditutup dalam rangka libur Lebaran hingga 18 Mei 2021.
Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Warga melintas di depan kios-kios yang tutup saat penutupan Pasar Tanah Abang di Jakarta, Selasa (11/5/2021). Pasar Tanah Abang ditutup dalam rangka libur Lebaran hingga 18 Mei 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasar Tanah Abang cenderung lengang pada hari terakhirnya beroperasi. Mulai besok hingga 18 Mei, Pasar Tanah Abang akan ditutup sementara.

Dari pantauan di sekitar Blok B dan Blok A Pasar Tanah Abang pada Selasa (11/5) sekitar pukul 11.00-14.00 WIB, keadaan pasar di kedua blok pasar grosir tersebut tidak terlihat antrean di pintu masuknya. Berbeda dari hari-hari sebelumnya yang diwarnai antrean pengunjung.

Baca Juga

Di dalam Pasar Blok A, B, F, dan G, di beberapa dinding pasarnya tertempel pengumuman mengenai penutupan gedung sampai pukul 14.00 WIB. Dan, penutupan kasir harus dilakukan pukul 12.00 WIB.

Pembukaan kembali Pasar Tanah Abang dilakukan pada 19 Mei 2021. Di toko-toko yang menjual berbagai jenis pakaian, juga terlihat kegiatan jual beli tidak terlalu sibuk.

Menjelang pukul 14.00 WIB atau waktu penutupan pasar, malah aktivitas di beberapa toko terpantau sudah mulai membereskan dagangannya. Salah satu pedagang pakaian Muslim di Blok B, Wawan, mengaku sudah melakukan berbagai persiapan untuk ikut tidak buka saat 12-18 Mei 2021 yang disebut untuk perbaikan rutin itu.

Selama Ramadhan tahun ini, Wawan mengaku omzet penjualan di tokonya cenderung mengalami perbaikan dibandingkan tahun lalu. Tahun ini selama Ramadhan bisa menghasilkan penjualan Rp 10 juta-Rp 15 juta per hari.

"Untuk penutupan besok sih agak berpengaruh juga. Tapi, kami ikut arahan untuk tutup besok sampai 19 Mei 2021. Paling ketika tutup, saya coba pulang kampung ke Rangkas Bitung," kata Wawan.

Hal senada diungkapkan salah satu pedagang peralatan sholat di Blok C Tanah Abang yang menyebutkan ikut ketentuan penutupan meski pada Ramadhan tahun ini penjualannya mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. "Ya, saya ikut ketentuan lah. Kan gedung butuh di-maintenance, walaupun tahun ini (penjualan) agak meningkat dikit, tahun kemarin mah tutup. Alhamdulillah, peningkatannya 20 persen. Tapi, ini masih jauh di bawah penjualan tahun lalu," katanya.

Pada 12-18 Mei 2021, Pasar Tanah Abang ditutup untuk dilakukan perawatan (maintenance) rutin tahunan yang dilakukan selepas bulan Ramadhan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement