Rabu 12 May 2021 11:18 WIB

Wapres akan Sholat Idulfitri di Rumah Dinas

Ini tahun kedua bagi Muslim di Indonesia merayakan Idulfitri dalam suasana pandemi.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ratna Puspita
Wakil Presiden  RI Maruf Amin.
Foto: KIP/Setwapres
Wakil Presiden RI Maruf Amin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan melaksanakan Sholat Idulfitri 1442 Hijriah di Pendopo Kediaman Resmi Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2 Jakarta, pada Kamis (13/5). Rencananya, Sholat Id akan digelar pada pukul 07.00 WIB dengan hanya diikuti jamaaah yang jumlahnya terbatas.

"Wapres akan melaksanakan Sholat Idul Fitri 1442 Hijriah di Pendopo Kediaman Resmi Wapres, diikuti oleh jemaah terbatas," kata Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi dalam keterangannya, Rabu (12/5).

Baca Juga

Masduki mengatakan, wapres melaksanakan Sholat Id di rumah dinas demi mencegah penyebaran virus Covid-19. Sebab, tahun ini menjadi tahun kedua bagi masyarakat Muslim di Indonesia merayakan Idulfitri dalam suasana pandemi Covid-19.

"Akan bertindak sebagai khatib tahun ini, yaitu Ustaz Abdul Muiz Ali," kata Masduki.

Masduki mengatakan wapres juga kembali tidak melaksanakan kegiatan halal bihalal atau open house pada Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah. Hal ini sejalan dengan Surat Edaran (SE) yang dikeluarkan oleh Menteri Dalam Negeri, yaitu SE Nomor 800/2794/SJ tentang Pembatasan Kegiatan Buka Puasa Bersama pada Bulan Ramadhan dan Pelarangan Open House/Halal Bihalal pada Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah/2021.

"Keputusan ini diambil sebagai salah satu upaya pemerintah di dalam memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 yang masih melanda negeri ini," katanya.

Selain itu, berbagai anjuran pemerintah terus diupayakan untuk dapat menekan proses penyebaran virus Covid-19. Karena itu, ia mengimbau masyarakat terus melakukan 5 M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement