Perayaan Lebaran Penuh Suka Cita di Makkah dan Taif

Kamis , 13 May 2021, 16:27 WIB Redaktur : Muhammad Subarkah
Warga Arab Saudi menikmati liburan lebaran di Taif.
Warga Arab Saudi menikmati liburan lebaran di Taif.

IHRAM.CO.ID, JEDDAH—Corniche, kawasan resor pantai yang berada di wilayah Jedaah merupakan tujuan populer selama idul fitri karena menawarkan area rekreasi, paviliun dengan pemandangan laut, serta air mancur tertinggi di dunia.

 

Terkait

Abdullah Al-Ayaf, seorang pegawai pemerintah, mengatakan bahwa keluarganya terbiasa melakukan kunjungan corniche setelah pertemuan keluarga selesai.

“Saya menghabiskan hari pertama Idul Fitri secara resmi bersama keluarga besar, tetapi pada hari kedua dan ketiga, keluarga saya pergi ke corniche, atau kami menyewa resor kecil,” ujarnya yang dikutip di Arab News, Kamis (13/5).

 

“Kami berbelanja dari toko kelontong untuk air, jus, es krim dan makanan yang dipanggang sebelum pergi ke corniche. Saya suka hari ini."

 

Sementara itu di Makkah, meski pandemi masih menghalangi sejumlah perayaan yang biasanya dilakukan saat hari raya, namun orang-orang tetap dapat mencurahkan kebahagiaan dan rasa syukur atas datangnya hari yang fitri.

 

Fahad Al-Harbi, walikota Ray Zakhir di Makkah, mengatakan bahwa orang Makkah akan berpakaian rapih dari kepala hingga ujung kaki untuk menyambut idul fitri.

 

Mereka juga akan melestarikan warisan budaya leluhur dengan menyajikan kudapan khas idul fitri, bertukar hadiah, dan memberikan cokelat pada anak-anak.

 

“Mereka membagikan lawziyeh (kue almond shortbread), laymouniyeh dan mushabbak. Mereka juga akan bertukar hadiah dan memberikan cokelat kepada anak-anak,” katanya. 

 

Dia mengatakan bahwa Makkah terdiri dari campuran masyarakat dan suku yang telah berbaur bersama, di mana budaya telah selaras, menyoroti kesatuan kota yang indah.

 

"Keluarga di bawah satu atap akan menemukan berbagai hidangan, yang menggarisbawahi permadani indah Mekah."