Kamis 13 May 2021 21:33 WIB

Seratus Ribu Warga Palestina Sholat Id di Masjidil Aqsa

Ketegangan meningkat akibat rencana pengusiran Israel atas warga Palestina

 Umat Muslim Palestina melaksanakan sholat Idul Fitri 1442 H di Kompleks Masjid Al Aqsa, Yerusalem, Kamis (13/5).
Foto: AP/Mahmoud Illean
Umat Muslim Palestina melaksanakan sholat Idul Fitri 1442 H di Kompleks Masjid Al Aqsa, Yerusalem, Kamis (13/5).

REPUBLIKA.CO.ID, RAMALLAH - Departemen Wakaf Islam di Al Quds merilis bahwa lebih dari 100.000 warga Palestina melakukan sholat Idul Fitri di masjid Al-Aqsa pada Kamis (13/5) waktu setempat. Selepas sholat, mereka  berdoa untuk kehidupan orang-orang Palestina yang telah meninggal di tanah Palestina.

Dilansir dari Saudigazette, Selama beberapa hari terakhir, Masjid Al-Aqsa menyaksikan konfrontasi kekerasan dari pasukan Israel setelah mereka menyerbu dan menyerang jamaah menggunakan peluru karet, tabung gas air mata, dan bom suara, yang menyebabkan ratusan orang terluka.

Ketegangan meningkat akibat rencana pengusiran Israel atas warga Palestina dari sebuah distrik di Yerusalem Timur. Israel melihatnya  sebagai bagian dari ibu kota abadinya. Mereka menganggap Yerussalem Timur diduduki oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). 

Bentrokan antara pengunjuk rasa Palestina dan polisi Israel, terutama di sekitar masjid Al-Aqsa, situs paling suci ketiga umat Islam terjadi selama beberapa malam. Ketegangan meningkat awal pekan ini dengan aksi  rentetan serangan udara Israel ke Jalur Gaza dan tembakan roket dari Gaza ke kota-kota di Israel.

Eskalasi tajam telah menewaskan sedikitnya 32 warga Palestina di Jalur Gaza yang diblokade dan tiga warga Israel serta melukai ratusan lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement