Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Yudha Manggala P Putra

Kiat Aman Rayakan Idul Fitri di Tengah Pandemi

Gaya Hidup | Thursday, 13 May 2021, 05:38 WIB

Momen Hari Raya Idul Fitri tahun ini masih berlangsung di tengah pandemi. Sebagai ikhtiar mencegah penyebaran virus terus terjadi, kita dianjurkan tetap menerapkan protokol kesehatan dan membatasi aktivitas berisiko tinggi.

Meski itu bukan berarti semangat hari raya dan silaturahim selama Idul Fitri harus dikurangi. Sebab, berlebaran masih bisa kita lakukan secara aman di masa pandemi. Di antaranya dengan menerapkan beberapa hal ini:

1. Tetap bermasker

Disiplin bermasker harus tetap diterapkan termasuk selama lebaran. Melepas masker bisa dilakukan saat menyantap hidangan. Meski jangan lupa tetap menjaga jarak. Lalu cuci tangan sebelum dan sesudah makan. Jangan lupa kembali pakai masker usai makan. Dianjurkan gunakan masker berlapis atau masker medis.

2. Batasi kontak fisik secara langsung

Lebaran biasanya diisi dengan bersalam-salaman dan berpelukan. Namun selama pandemi, aktivitas ini sementara dianjurkan dibatasi. Mengucapkan selamat lebaran dan bermaaf-maafan masih bisa dilakukan dengan menjaga jarak aman.

3. Hindari kerumunan

Berkumpul dan bersilaturahim bersama keluarga dan tetangga umum terjadi selama lebaran. Namun, khusus pada masa pandemi ini, sebaiknya menghindari kerumunan. Tetap menjaga jarak. Upayakan berkumpul di luar ruangan. Hindari berada dalam satu ruangan dengan banyak orang, terutama di ruangan tertutup dan ber-penyejuk udara (AC).

4. Hindari mal dan tamasya

Menghabiskan momen libur lebaran kerap dilakukan dengan mengunjungi fasilitas umum, mal, pusat belanja, dan bertamasya ke tempat wisata. Namun, pada masa pandemi ini, sangat dianjurkan di rumah saja bersama keluarga. Kegiatan tamasya atau berbelanja dapat dilakukan secara online. Kalaupun tetap hendak "memaksakan" ke tempat-tempat tadi, jangan sampai melupakan masker, jaga jarak, cuci tangan, dan hindari kerumunan.

5. Lebaran virtual

Silaturahim tidak harus bertatap muka atau bertemu langsung. Ada beberapa perangkat dan aplikasi yang bisa digunakan untuk saling sapa, mengucapkan selamat lebaran, dan bertatap muka secara virtual. Beberapa aplikasi mudah digunakan dan bahkan bisa menyertakan sekaligus 8 hingga 100 orang. Lihat daftarnya di sini.

Taqabbalallahu minna wa minkum. Semoga pandemi cepat berakhir, kita semua terus diberi kesehatan, dan dapat berjumpa kembali dengan Ramadhan tahun depan. Aamiin.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image