Sabtu 15 May 2021 05:05 WIB

Sesuatu yang Lebih Utama dari Derajat Sholat

Islam mengajarkan agar selalu hidup damai dan rukun sesama umat manusia.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Sesuatu yang Lebih Utama dari Derajat Sholat. Ilustrasi Shalat
Foto: Republika/Mardiah
Sesuatu yang Lebih Utama dari Derajat Sholat. Ilustrasi Shalat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Agama Islam mewajibkan umat manusia melaksanakan, menegakkan, dan menjaga sholat karena sholat merupakan salah satu kewajiban paling utama. Namun, ada amalan yang derajatnya dikabarkan lebih utama dari sholat.

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ عَمْرِو بْنِ مُرَّةَ عَنْ سَالِمٍ عَنْ أُمِّ الدَّرْدَاءِ عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِأَفْضَلَ مِنْ دَرَجَةِ الصِّيَامِ وَالصَّلَاةِ وَالصَّدَقَةِ قَالُوا بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ إِصْلَاحُ ذَاتِ الْبَيْنِ وَفَسَادُ ذَاتِ الْبَيْنِ الْحَالِقَةُ

Baca Juga

Rasulullah SAW bersabda, "Maukah jika aku kabarkan kepada kalian sesuatu yang lebih utama dari derajat puasa, sholat dan sedekah?" Para sahabat berkata, "Tentu ya Rasulullah."

Rasulullah SAW bersabda, "Mendamaikan orang yang sedang berselisih. Dan rusaknya orang yang berselisih adalah pencukur (mencukur amal kebaikan yang telah dikerjakan)." (HR Abu Dawud).

Allah SWT berfirman, sholat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. Sebagaimana diketahui, perselisihan yang biasa bisa menjadi perselisihan yang keji. Sehubungan dengan itu agama Islam mengajarkan agar selalu hidup damai dan rukun sesama umat manusia, jika ada perselisihan maka sebaiknya didamaikan.

اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ ۖ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

"Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Alquran) dan dirikanlah sholat. Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (sholat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS Al-'Ankabut: 45)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement