Jumat 14 May 2021 23:46 WIB

BPBD Banjarmasin Siapkan Bantuan untuk Korban Banjir

Banjir di Tanah Bumbu, Kalsel, ini berdampak pada lebih dari 11 ribu warga.

Ilustrasi Banjir
Foto: MGIT3
Ilustrasi Banjir

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin menyiagakan bantuan bagi korban musibah banjir yang melanda wilayah Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Kalsel). Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD Kota Banjarmasin Edy Wibowo, Jumat (14/5).

Menurut dia, pihaknya telah berkoordinasi dengan BPBD Tanah Bumbu untuk penanganan banjir di wilayah Satui. Kapanpun dibutuhkan, alur bantuan dari Banjarmasin untuk warga korban banjir di Satui siap dikirimkan.

Baca Juga

"Kita menyatakan, siap siaga untuk membantu. Tinggal menunggu instruksi untuk berangkat," ujarnya kepada Antara, hari ini.

BPBD Kota Banjarmasin, lanjut dia, juga menyiapkan tenaga bantuan untuk dikirim ke lokasi banjir besar yang melanda Satui. Edy mengatakan, pihaknya ikut prihatin atas terjadinya banjir besar di daerah Satui yang bertepatan dengan Idul Fitri 1442 H/2021 M. Untuk diketahui, belasan ribu warga terdampak musibah tersebut.

Menurut Edy, Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin terus meningkatkan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu terkait bencana tersebut. Ia mengingatkan, Banjarmasin pernah merasakan musibah banjir besar pada pertengahan bulan awal tahun ini.

"Karenanya kita saling membantu, di mana Kabupaten Tanah Bumbu pada musibah banjir di Banjarmasin kemarin ikut membantu," paparnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Antara di Tanah Bumbu, sebanyak lima desa terdampak banjir besar di Kecamatan Satui. Kapolsek Satui AKP Parman mengatakan, hingga Jumat (14/5) siang sudah ada dua lokasi pengungsian yang didirikan. Posko pengungsian di SMPN 4 Satui, Desa Sinar Bulan, diisi sebanyak 55 kepala keluarga atau 186 jiwa. Adapun posko pengungsian di Gedung Majelis Taklim Desa Sungai Danau diisi sebanyak enam KK atau 21 jiwa.

"Selebihnya masih bertahan di rumah masing-masing, namun kami mengimbau agar warga mengungsi ke tempat lebih aman sembari terus melalukan evakuasi," kata Parman.

Lima desa setempat yang terdampak banjir adalah Desa Sejahtera Mulia (290 KK atau 580 jiwa), Desa Jombang (162 KK atau 515 jiwa), Desa Sinar Bulan (1.104 KK atau 4.413 jiwa), Desa Sungai Danau (1.745 KK atau 5.670 jiwa), serta Desa Satui Barat (120 KK atau 380 jiwa).

"Jadi data sementara sebanyak 11.558 jiwa atay 3.421 KK terdampak banjir di Kecamatan Satui hingga siang hari ini," jelas Parman.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement