Ahad 16 May 2021 11:34 WIB

Saudi Pimpin Aksi di PBB Soroti Kekerasan di Palestina

Dewan Keamanan PBB akan diberi tahu perkembangan terbaru serangan Israel.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Saudi Pimpin Aksi di PBB Soroti Kekerasan di Palestina. Warga Palestina menghadiri pemakaman 15 orang yang tewas dalam serangan udara Israel di Kota Gaza, 13 Mei 2021.
Foto: EPA/HAITHAM IMAD
Saudi Pimpin Aksi di PBB Soroti Kekerasan di Palestina. Warga Palestina menghadiri pemakaman 15 orang yang tewas dalam serangan udara Israel di Kota Gaza, 13 Mei 2021.

IHRAM.CO.ID, NEW YORK -- Perwakilan permanen Arab Saudi untuk PBB di New York, Abdallah Al-Mouallami bertemu delegasi permanen China untuk PBB. Pertemuan dilakukan dam kapasitasnya sebagai presiden Dewan Keamanan bulan ini, saat Kerajaan memimpin aksi Arab di Palestina.

Pertemuan kelompok kecil Arab tersebut bertujuan memberikan informasi di Dewan Keamanan tentang serangan Israel terhadap Palestina, terutama yang baru-baru ini dilakukan. Informasi ini harus disebarkan dengan tujuan agar masyarakat internasional dapat menjalankan tugasnya dalam melindungi warga sipil.

Baca Juga

Dilansir di Arab News, Ahad (16/5), pertemuan tersebut juga dihadiri oleh pejabat panitia khusus politik dari delegasi tetap Arab Saudi untuk PBB Faisal Al-Haqbani. Terbaru, Al-Mouallami juga bertemu dengan Presiden Majelis Umum PBB Volkan Bozkir saat Kerajaan memimpin gerakan Islam untuk Palestina.

Pertemuan Kelompok Islam dengan presiden Majelis Umum bertujuan untuk menjelaskan serangan yang dilakukan Israel baru-baru ini, serta mendesak komunitas internasional melindungi warga sipil. Arab Saudi disebut selalu menjadi yang pertama mendukung perjuangan Palestina di PBB, sebelum komunitas internasional.

Menteri luar negeri Saudi mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri dan Ekspatriat Otoritas Palestina, Riyad Al-Maliki, melalui sambungan telepon, Jumat (14/5). Selama panggilan telepon itu, Pangeran Faisal bin Farhan menegaskan kecaman Kerajaan atas praktik ilegal yang dilakukan oleh otoritas Israel.

Ia juga menegaskan kebutuhan segera untuk menghentikan tindakan eskalasi yang dilakukan negara yang melanggar semua norma dan konvensi internasional. Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) akan mengadakan pertemuan darurat untuk membahas situasi di Yerusalem dan Gaza, atas permintaan Arab Saudi, Ahad (16/5). Pertemuan antara menteri luar negeri negara-negara anggota OKI akan membahas serangan Israel yang berkelanjutan di wilayah Palestina. 

https://www.arabnews.com/node/1859371/saudi-arabia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement