Selasa 18 May 2021 09:39 WIB

Pemakaman Muslim di Manila Selesai Akhir Mei

Makam khusus Muslim itu terletak di area makam Manila Selatan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Esthi Maharani
Francisco Moreno Domagoso (kanan)
Foto: AP PHOTO
Francisco Moreno Domagoso (kanan)

IHRAM.CO.ID, MANILA -- Pembangunan pemakaman Islam di kota Manila, Filipina akan selesai pada akhir bulan ini. Kepastian itu diutarakan Wali kota Fransisco Isko Moreno Domagoso pada pekan lalu. Makam khusus Muslim itu terletak di area makam Manila Selatan.  

Seperti dilansir Manila Bulltetin pada Selasa (18/5) Domagoso menyatakan hal itu setelah ia mengunjungi langsung area pemakaman itu baru-baru ini dengan ditemani sejumlah pejabat lainnya termasuk Direktur pemakaman Jess Payed.

Domagoso ingin pemakaman itu dijadikan sebagai tempat pemakaman eksklusif bagi warga Muslim Manila. Domagoso dan Wakil Walikota Honey Lacuna melakukan peletakan batu pertama di lokasi tersebut pada Juli 2020.

Pemerintah kota telah mengalokasikan 49,3 juta peso Filipina atau setara Rp 1,4 miliar untuk pengembangan pemakaman yang meliputi pembangunan Balai Kebudayaan dan pembuatan barang-barang plantilla untuk perekrutan personel oleh Divisi Pemakaman Muslim yang baru.

Kepala eksekutif setempat telah memerintahkan agar semua tradisi penguburan setiap Muslim harus dipertimbangkan. Ia juga mengatakan bahwa menguburkan jenazah bagi umat Islam adalah tradisi yang sangat serius.

“Memberi mereka tempat pemakaman adalah cara sederhana kami untuk memberikan kembali kepada mereka meskipun ini tentu saja tidak cukup. Ini adalah penghormatan kepada nenek moyang Muslim kami. Itu cara kecil kami sendiri untuk memberi mereka pengakuan sebagai nenek moyang kami, ”kata Domagoso.

Pemakaman Islam Manila akan menjadi situs pemakaman Muslim ketiga karena hanya ada dua pemakaman Muslim yang dibangun di Metro Manila. Pemakaman khusus Muslim itu dibangun di atas  tanah seluas 2.400 meter persegi atau sekitar 24 hektar.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement