Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Bambang

Kinerja Moncer Dengan Transformasi Digital

Bisnis | Tuesday, 18 May 2021, 13:44 WIB

Era yang kita rasakan sekarang ini dikenal dengan era digital, yang mana semua aspek aktifitas kegiatan kehidupan bersentihan dengan digital. Apalagi didunia bisnis, sudah lazim menggunakan perangkat digital dalam operasional bisnisnya.

Ditengah persaingan ketat antar pelaku bisnis penggunaan piranti digital juga terus berkembang tanpa bisa dihentikan. Hal ini dikarena customerlah yang menginginkan dan menuntut segala sesuatu menjadi lebih praktis dan efisien.

Terus kira-kira apa yang dapat dilakukan oleh pelaku bisnis supaya kinerja bisnisnya moncer?

Sebagaimana dijelaskan diatas bahwa customer era digital ini menginginkan kepraktisan, dengan media digital yang tersaji sekarang sudah didapatkan oleh customer. Mau tidak mau perusahaan untuk moncer kinerjanya melakukan tranformasi digital.

Biasanya dengan teknologi digital akan memicu penciptaan model bisnis baru dan aliran pendapatan. Misalnya dengan teknologi yang hadir seperti kecerdasan buatan (AI), cloud computing dan Internet of Things (IoT) mempercepat transformasi, sedangkan teknologi dasar seperti manajemen data dan analitik diperlukan untuk menganalisis sejumlah besar data yang dihasilkan dari transformasi digital.

Kalau bicara transformasi digital bukan hanya bicara tentang teknologi. Karena transformasi digital tidak bisa lepas dari SDM. Jadi dalam transformasi digital terdiri dari SDM, bisnis dan teknologi dan juga dipandu oleh strategi bisnis yang lebih luas. Kesuksesan transformasi digital ketika perusahaan dapat secara efektif menggunakan data yang dibuat oleh atau melalui teknologi dengan cara yang memungkinkan perubahan bisnis terjadi secara dinamis.

Berikut, tergolong transformasi digital:

1. Menggunakan print out struk belanja dengan digital

2. Pesan belanja dengan digital

3. Menggunakan pembayaran dengan eMoney

4. Menggunakan Kartu pelanggan digital

Dengan tranformasi digital dengan sendirinya akan memberikan kemudahan kepada customer/client, dengan kemudahaan yang diberikan ini diharapkan loyalitas customer akan meningkat, ujung-ujungnya kinerja perusahaan akan moncer.

Selamat melakukan tranformasi digital, semoga sukses.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image