Selasa 18 May 2021 19:45 WIB

Alam Kubur dan Kejadian Setelahnya

Alam kubur ini nantin akan mendakwa manusia yang ketika hidupnya

Rep: Ali Yusuf/ Red: Agung Sasongko
Kematian (ilustrasi).
Foto: Dailymail.co.uk
Kematian (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Alam kubur menjadi tempat terakhir manusia setelah kematian. Alam kubur ini nantinya akan mendakwa manusia yang ketika hidupnya lalai terhadap kematian. 

Imam Ghazali dalam kitabnya yang diterjemaahkan ke dalam judul "Mati dan Kejadian Setelahnya" mengatakan, dalam sebuah hadis Rasulullah SAW bersabda, "Ketika mayat diletakkan di dalam kubur, maka kubur atau tanah berkata kepadanya. 

Baca Juga

"Wahai anak Adam, Celakalah kamu! Apakah yang menyebabkan engkau lupa kepadaku? Apakah engkau tidak tahu bahwa aku adalah tempat kesedihan dan penderitaan rumah yang sangat gelap, rumah cacing dan serangga. Mengapa engkau sangat takut saat berjalan di sebelahku?"

Dalam hadits lainnya, beliau bersabda. "Seorang yang meninggal duduk di dalam kubur dan mendengar langkah kaki orang yang hidup. Ia tidak berkata kepada mereka tetapi kuburnya berkata.

 

"Wahai anak Adam, celakalah kamu. Apakah tidak ada orang yang memperingatkanmu tempat yang sempit, keadaan menakutkan dan mengerikan dari cacing dan serangga? Apakah yang telah engkau persiapkan untukku?"

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement