Selasa 18 May 2021 20:55 WIB

Pandemi Beri Dampak Kebun Raya di Seluruh Dunia

Kebun raya yang menderita akibat pandemi Covid-19 adalah Bermuda Botanical Gardens.

Pengunjung di Kebun Raya Bogor pada hari ke-dua lebaran Idul Fitri, Jumat (14/5).
Foto: Humas Kebun Raya Bogor
Pengunjung di Kebun Raya Bogor pada hari ke-dua lebaran Idul Fitri, Jumat (14/5).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Peningkatan ketahanan kebun raya di era pandemi perlu dilakukan. "Pandemi jelas telah mempengaruhi sejumlah besar tumbuhan di seluruh dunia," kata Secretary General Botanic Gardens Conservation International (BGCI) Paul Smith dalam seminar virtual (webinar) Botanic Gardens in the Pandemic Era, Jakarta, Selasa (18/5).

Paul menuturkan pandemi Covid-19 telah menyebabkan kerugian yang besar termasuk kehilangan pendapatan, pekerjaan, dan nyawa. Pandemi Covid-19 juga berdampak negatif bagi perkembangan kebun raya yakni penutupan sementara, pengurangan pendapatan atau pemasukan karena adanya penutupan dan terbatasnya pengunjung ketika kebun raya beroperasi kembali.

Baca Juga

Pandemi Covid-19 juga menyebabkan pengurangan karyawan yang bekerja untuk pengelolaan kebun raya serta kehilangan nyawa.Salah satu kebun raya yang menderita akibat pandemi Covid-19 adalah Bermuda Botanical Gardens.

Pandemi telah menyebabkan tidak berjalannya pariwisata kebun raya, dan mempengaruhi jumlah orang yang datang ke taman ketika kebun raya dibuka."Anggaran tahunan juga telah dipotong, artinya lebih sedikit perbaikan yang bisa diselesaikan, tidak ada yang bisa disewa, dan koleksinya hampir tidak ada, " ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement