Rabu 19 May 2021 13:31 WIB

10 Hal yang Harus Dihindari Lansia

Kalangan lansia perlu memperhatikan kebiasaan sehari-harinya.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Kalangan lansia perlu memperhatikan kebiasaan sehari-harinya.
Foto: Flickr
Kalangan lansia perlu memperhatikan kebiasaan sehari-harinya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kalangan lanjut usia (lansia) perlu lebih memperhatikan kebiasaan dan aktivitas sehari-hari demi menjaga kualitas hidup. Berikut 10 hal yang sebaiknya dihindari oleh lansia, seperti dikutip dari laman Eat This, Rabu (19/5).

 

Baca Juga

1. Lalai protokol kesehatan

Di tengah pandemi Covid-19, lansia jauh lebih rentan daripada kelompok usia yang lebih muda. Agar tetap aman dan sehat, perlu tindakan pencegahan ekstra dan memberlakukan protokol kesehatan dengan ketat sesuai pedoman dari otoritas kesehatan.

 

 

2. Kurang aktivitas fisik

Meski kebanyakan aktivitas kini dilakukan di rumah saja, lansia tetap harus aktif secara fisik. Lakukan 2,5 jam aktivitas aerobik intensitas sedang per pekan, seperti berjalan kaki dan lakukan aktivitas penguatan otot dua hari atau lebih dalam sepekan.

 

3. Tidak melatih otot

Konsultan nutrisi Monica Auslander Moreno dari RSP Nutrition menganjurkan lansia melakukan senam, yoga, pilates, atau latihan beban ke dalam rutinitas mingguan. Frekuensi minimalnya setidaknya tiga hari sepekan selama masing-masing 30 menit.  

 

4. Kurang tidur

Penurunan kualitas dan kuantitas tidur dapat menyertai penuaan, bisa karena gelisah pada malam hari atau karena harus sering ke kamar mandi. Untuk membantu mengatasinya, jauhkan semua perangkat digital menjelang tidur dan kenakan masker mata.

 

5. Minim asupan protein

Seiring bertambahnya usia, massa tubuh tanpa lemak rusak dan menyebabkan laju metabolisme istirahat melambat. Asupan protein yang cukup (20 gram protein per makanan) dapat membantu mengurangi efek metabolisme yang tidak menguntungkan itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement