Mempersiapkan Kesehatan Raga untuk Menjadi Tamu Allah

Kamis , 20 May 2021, 11:11 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Esthi Maharani
Jamaah Muslim berdoa di sekitar Ka
Jamaah Muslim berdoa di sekitar Ka

IHRAM.CO.ID, JAKARTA-- Untuk melaksanakan ibadah haji dan umroh, umat muslim diharuskan memiliki tubuh yang sehat dan bugar karena pelaksanaan Ibadah Haji atau umroh memerlukan fisik yang prima.

 

Terkait

"Dengan kondisi prima itu, jamaah mampu menjalankannya dengan sepenuh hati tidak setengah-setengah karena terganggu oleh keadaan jasmani yang tidak sehat," kata Ustadzah Honey Miftahulhannah dalam bukunya "Haji dan Umrah Bagi Muslimah"

Ustadzah Honey menyarankan, sebaiknya, sebelum pergi ke Baitullah umat muslim mengecek kesehatan tubuhnya ke dokter atau jika memungkinkan melakukan general check up.

"Sehingga kita bisa mengetahui lebih awal, jika ada gangguan yang terjadi dalam tubuh," katanya menyarankan.

Saat ini kata dia, ada beberapa rumah sakit yang menyediakan khusus paket cek kesehatan bagi jamaah yang hendak pergi haji atau umroh. Setelah selesai general check up, yang harus dilakukan berikutnya, adalah melatih fisik, tubuh dengan melakukan olahraga. Melakukan jogging merupakan salah satu latihan olahraga yang tepat.

"Latihan tersebut ringan, bisa dilakukan kapan saja, di mana saja, hingga tubuh terutama bagian kaki terbiasa dengan rutinitas tersebut," katanya.

Dengan begitu, ketika melakukan tawaf dan sa'i, jamaah tidak kaget dan tidak mudah kelelahan.

Berikutnya yang harus dilakukan dalam menjaga fisik adalah menjaga pola makan. Membiasakan tubuh mengonsumsi makanan yang sehat merupakan salah satu tanggung jawab manusia kepada sang pemilik tubuh (Allah).

"Memberikan tambahan vitamin ataupun suplemen pun tidak ada salahnya dilakukan. Hal itu demi memiliki tubuh yang segar dan bugar, agar ketika melaksanakan ibadah tubuh menjadi fit," katanya.

Banyak minum air putih, atau lebih banyak mengonsumsi buah-buahan serta sayur-sayuran pun patut untuk dipertimbangkan. Jamaah bisa juga melakukan bekam untuk membersihkan tubuh dari darah kotor. Tak hanya itu, mengistirahatkan tubuh dan mengurangi pekerjaan-pekerjaan kantor ataupun rumah tangga adalah langkah yang tepat untuk dilakukan.

"Segera memfokuskan tubuh, hati dan pikiran untuk menyambut pelaksanaan Ibadah Haji atau umroh," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini