Ahad 06 Jun 2021 10:50 WIB

10 Kota Tua yang Cocok Jadi Destinasi Liburan

Wisata sejarah bisa jadi konsep liburan asik berikutnya

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
10 Kota Tua yang Cocok Jadi Destinasi Liburan
10 Kota Tua yang Cocok Jadi Destinasi Liburan

Menikmati wisata sejarah menjadi salah satu agenda liburan yang menyenangkan, apalagi jika kamu termasuk orang yang suka traveling ke berbagai kota di tanah air. Masing-masing kota akan memiliki sejarahnya sendiri, termasuk berbagai bangunan lawas yang menjadi ikon di kota tersebut. 

Sebagai negara bekas jajahan bangsa Eropa, sudah pasti Indonesia memiliki jejak-jejak sejarah terkait dengan masa kelam tersebut. Kamu bisa menemukan banyak bangunan sisa kolonialisme yang masih berdiri kokoh di beberapa sudut kota di Indonesia. 

Kawasan yang kerap disebut Kota Tua ini biasa akan menyimpan keindahan dan keunikan tersendiri. Bangunan-bangunan dengan arsitektur khas Eropa ini pada umumnya masih berdiri dengan kokoh dan terawat. 

Bukan hanya itu saja, sebagian besar bangunan ini bahkan digunakan sebagai kantor pemerintah atau bahkan museum. Kamu bisa memperkaya wawasan sejarah ketika mengunjungi Kota Tua ini. 

Selain itu, mengambil beberapa foto dengan latar unik seperti ini tentu akan menjadi hal yang menyenangkan, bukan?

Berikut ini adalah 10 Kota Tua yang ada di Indonesia dan bisa kamu jadikan sebagai destinasi wisatamu berikutnya:

 

1. Kota Tua Palembang

Kota Tua Palembang

Kota yang berada di wilayah Sumatera ini biasanya dikenal luas melalui ikon jembatan Ampera yang megah di atas sungai Musi nya. Namun selain jembatan tersebut, sebenarnya Palembang juga punya berbagai destinasi wisata menarik lainnya. Saat mengunjungi Palembang, kamu bisa menikmati keindahan Kota Tua yang masih terjaga dengan baik hingga saat ini.

2. Kota Tua Padang

Kota Tua Padang

Padang dan kawasan sekitarnya menjadi pusat aktivitas perkebunan yang penting di zaman pemerintahan Kolonial Belanda. Jika melihat kenyataan ini, tentu sangat wajar jika Padang mendapatkan perhatian khusus dari pemerintahan Kolonial saat itu. 

Hal ini bisa dilihat dari banyaknya bangunan-bangunan tua yang menyisakan jejak sejarah tersebut di kota Padang. Saat kamu mengunjungi Padang, pastikan kamu menjadikan Kota Tua ini sebagai salah satu destinasi pilihan.

Baca Juga: Kenapa Harus Berkunjung Ke Pulau Seribu Walau Hanya Sekali?

3. Kota Tua Singkawang

Kota Tua Singkawang

Kawasan ini bukan tempat di mana kamu bisa menemukan jejak sejarah Bangsa Kolonial. Namun sebaliknya, Kota Tua Singkawang ini merupakan pecinan, di mana kamu bisa menemukan jejak perjalanan Bangsa Tiongkok saat mendatangi kawasan Kalimantan di masa lampau. 

Kamu bisa menikmati wisata Kota Tua yang berbeda di tempat ini, lengkap dengan kebudayaan yang unik dan menarik dari warga sekitarnya.

4. Kota Tua Malang

Kota Tua Malang

Pada masa lalu, Kota Apel merupakan salah satu kawasan indah yang paling menarik untuk dikunjungi. Para pejabat kolonial menjadikan Malang sebagai kota favorit mereka saat menikmati liburan, di mana mereka bisa bersantai dan menikmati udara pegunungan yang segar. Di Kota Tua Malang, kamu bisa menemukan banyak gedung-gedung sisa pemerintahan kolonial yang bersejarah dan sangat indah. 

5. Kota Tua Kediri

Kota Tua Kediri

Termasuk dalam jajaran kota besar di Jawa Timur, di masa lalu Kediri juga memang menjadi salah satu kawasan yang menarik minat para pendatang. Hasil perkebunan dan pertaniannya yang melimpah, menjadikan kota ini banyak diminati. 

Hal ini bisa dilihat dari sisa peninggalan bangunan Belanda pada beberapa sudut kotanya. Bukan hanya itu saja, kota ini juga memiliki kawasan pecinan yang unik dengan bangunan khas yang sangat menarik.

Baca Juga: Liburan di Palembang? Kunjungi 7 Destinasi Menarik Ini

6. Kota Tua Salatiga

Kota Tua Salatiga

Pernah diklaim sebagai kota yang paling nyaman di tanah air oleh pemerintah kolonial, Salatiga memang memiliki cuaca yang sejuk dan bersih. Hampir sama dengan Kota Malang, kota ini juga sangat disukai oleh bangsa kolonial, sehingga banyak sisa bangunan Belanda yang bisa kamu temukan di tempat ini. 

7. Kota Tua Tegal

Kota Tua Tegal

Di masa lalu, Kota Tegal ini menjadi salah satu pusat perdagangan penting di tanah air. Letaknya yang sangat strategis membuat bangsa kolonial berkeinginan membangun kota ini dan melengkapinya dengan berbagai fasilitas memadai. Sisa-sisa bangunan Belanda inilah yang bisa kamu temukan dan nikmati sebagai kawasan Kota Tua Tegal.

8. Kota Tua Bogor

Kota Tua Bogor

Dekat dengan Jakarta, sudah tentu Bogor juga menjadi salah satu kawasan penting bagi pemerintah kolonial. Banyak bangunan tua yang bisa kamu temukan di kota ini, termasuk Istana Bogor yang merupakan bagian dari peninggalan Belanda. Jika kamu tinggal di kawasan Jakarta, mengunjungi Kota Tua Bogor ini tentu akan begitu mudah dan menyenangkan.

9. Kota Tua Surabaya

Kota Tua Surabaya

Kota yang cukup rapi ini juga memiliki kawasan Kota Tua yang indah, di mana kamu bisa menemukan bangunan-bangunan besar yang identik dengan desain arsitektur Eropa. Kawasan ini bahkan sedang dalam proses revitalisasi oleh Pemkot setempat dan akan segera selesai di tahun ini juga. 

10. Kota Tua Solo

Kota Tua Solo

Kota Solo juga memiliki kawasan Kota Tua dengan banyak bangunan lawas yang masih berdiri kokoh. Kamu bisa menikmati keindahan kota ini, sekaligus mempelajari jejak sejarah yang dulu pernah ada di kawasan tersebut.

Wisata Sejarah di Kota Tua

Menikmati wisata sejarah di Kota Tua bisa menjadi pilihan liburanmu yang akan datang. Di tanah air, kamu bisa menemukan banyak kawasan Kota Tua dan pecinan yang menarik. Susun agenda liburanmu sekarang juga, agar kamu bisa menikmati wisata sejarah yang menyenangkan di Kota Tua pilihanmu.

Baca Juga: Destinasi dengan Pemandangan Alam Terindah di Dunia yang Wajib Dikunjungi

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement