Jumat 21 May 2021 11:55 WIB

Desain Masjid Agung di Islamabad Disetujui Raja Salman

Masjid yang dinamai serupa dengan Raja Saudi ini berada di kampus baru IIU

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
Masjid di Universitas Islam Internasional akan dinamai Masjid Raja Salman
Foto: Arab News
Masjid di Universitas Islam Internasional akan dinamai Masjid Raja Salman

IHRAM.CO.ID, ISLAMABAD -- Penjaga Dua Masjid Suci, Raja Salman Bin Abdul Aziz, telah menyetujui desain NESPAK untuk sebuah masjid agung di Islamabad, Pakistan. Masjid yang dinamai serupa dengan Raja Saudi ini berada di kampus baru Universitas Islam Internasional (IIU).

IIU sebelumnya menggandeng NESPAK untuk merancang Masjid Agung Raja Salman bin Abdul Aziz di Kampus Baru IIU, H-10. Masjid ini akan memiliki kompleks yang sangat besar dan menjadi pusat penelitian, dialog dan pembelajaran, di mana para cendekiawan dan siswa akan mendapat manfaat dari fasilitas tersebut.

Direktur Pelaksana NESPAK, Dr Tahir Masood, menyebut kapasitas yang dimiliki masjid tersebut akan memenuhi persyaratan sesuai populasi universitas, mengingat ribuan siswa dan pejabat akan sholat di masjid.

Dilansir di Daily Times, Jumat (21/5), model masjid yang diusulkan adalah representasi seni dan arsitektur Islam yang luar biasa. Pembangunan masjid akan menjadi tonggak pencapaian tujuan luhur universitas.

Di aula bagian dalam masjid akan disediakan ruang yang menampung 4.000 jamaah pria dan 2.000 jamaah Muslim, yang akan melaksanakan shalat. Tak hanya itu, tersedia pula halaman terbuka dengan kapasitas untuk menampung 6000 orang.

Proyek senilai 32 juta dolar AS atau Rp 460 miliar ini akan mencakup area seluas 41.200 meter persegi. Di dalamnya, tersedia perpustakaan dan museum.

Selain itu, juga akan ada Auditorium Muhammad bin Salman untuk konferensi di Masjid. Masjid ini menghadap ke taman luar ruangan seluas 8.500 meter persegi, sementara ruang parkir seluas 7.000 meter persegi telah dialokasikan.

Duta Besar Arab Saudi untuk Pakistan, H.E. Nawaf bin Saeed Al-Malki, mengucapkan terima kasih kepada Raja Salman atas minatnya yang besar dalam memenuhi kebutuhan infrastruktur IIUI. Ia juga memuji upaya berkelanjutan Arab Saudi dalam membangun Masjid di seluruh dunia.

"Masjid akan menjadi tambahan berharga yang akan semakin memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara saudara, Pakistan dan Arab Saudi," kata dia.

Selain itu, ia memuji jasa Raja Salman bin Abdul Aziz atas usahanya yang tak kenal lelah untuk kemajuan dunia Muslim. Masjid Raja Salman bin Abdul Aziz di IIU disebut akan menjadi simbol komitmen Arab Saudi untuk mempromosikan pendidikan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement