Senin 24 May 2021 20:58 WIB

Pesan Habib Saggaf Ketua Utama Alkhairaat untuk Umat Islam

Habib Saggaf Ketua Utama Alkhairaat mengajak umat Islam bersatu

Habib Saggaf Ketua Utama Alkhairaat mengajak umat Islam bersatu. Logo Alkhairaat
Foto: Dok Istimewa
Habib Saggaf Ketua Utama Alkhairaat mengajak umat Islam bersatu. Logo Alkhairaat

REPUBLIKA.CO.ID, PALU— Ketua Utama Alkhairaat Habib Sayyid Saggaf bin Muhammad Aldjufri menyatakan madrasah dan pondok pesantren (ponpes) merupakan sarana pendidikan dan tempat untuk memperbaiki orang-orang yang rusak.

Baik orang-orang yang rusak akhlak atau perilakunya, juga orang-orang yang kurang bahkan sama sekali tidak mendapat pendidikan ilmu pengetahuan dan agama karena tidak mendapat kesempatan mengenyam pendidikan formal maupun non formal.

Baca Juga

"Madrasah atau ponpes itu macam (seperti) tempat-tempat untuk memperbaiki. Nah begitu juga madrasah dan ponpes Alkhairaat. Selain diajarkan dan diberikan ilmu pengetahuan, juga akhlak mereka diperbaiki," katanya saat menyampaikan amanatnya dalam Haul ke-53 pendiri Alkhairaat almarhum Habib Sayyid Idrus bin Salim Aldjufri atau Guru Tua yang berlangsung secara virtual di Kota Palu, Ahad (23/5) malam.

Menurut dia, pendidikan akhlak merupakan pendidikan yang utama dan terlebih dulu diajarkan untuk umat Islam, sebab jika akhlak umat telag baik maka mudah untuk mengajarkan ilmu pengetahuan lainnya terutama ilmu agama kepada mereka.

"Akhlak ini penting sekali. Makanya Guru Tua dalam syairnya mengatakan hanya dengan akhlak dan ilmu pengetahuan kamu bisa mencapai semua yang kamu inginkan. Itulah yang tercermin pada diri anak-anak Alkhairaat,"ujarnya.

Dalam HAUL tersebut Habib Saggaf mengajak umat Islam di Indonesia pada umumnya dan khususnya di Sulteng untuk agar waspada dari upaya memecah belah persatuan antar umat beragama dan satu domba yang dilakukan kelompok-kelompok yang tidak bertanggungjawab yang mengatasnamakan menganut agama tertentu.

Oleh sebab itu bersatu agar patuh dengan pemerintah utamanya ulama menjadi kunci agar tidak terprovokasi dengan hasutan kelompok-kelompok tersebut.  

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement