Selasa 25 May 2021 12:55 WIB

Gubernur Sumbar Launching Mobil Swab PCR 

Saat ini, Sumbar memiliki 12 mobil swab PCR keliling nantinya yang akan beroperasi.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Agus Yulianto
Warga mengikuti tes usap (swab test) Covid-19 menggunakan mobil tes polymerase chain reaction (PCR).
Foto: ABRIAWAN ABHE/ANTARA
Warga mengikuti tes usap (swab test) Covid-19 menggunakan mobil tes polymerase chain reaction (PCR).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi me-launching Mobil Sawb PCR. Langkah ini guna memudahkan menjangkau masyarakat dalam mempercepat penanganan covid-19. 

Gubernur melaunching mbol swab PCR ini bertempat di halaman kantor Gubernur Sumbar, Padang, Senin (24/5) kemarin. Mahyeldi mengatakan, jumlah warga Sumbar yang terinfeksi covid-19 terus mengalami peningkatan. Dan paling banyak yang terinfeksi, menurut dia, adalah OTG.

"Selain angka positif yang meningkat, angka kematian juga mengalami peningkatan. Maka, Pemprov terus melakukan himbauan kepada masyarakat upaya untuk meminimalkan penyebaran ini, salah satunya dengan menghadirkan mobil swab keliling,"  kata Mahyeldi.

Mahyeldi menyebut, saat ini, Pemprov Sumbar memiliki 12 mobil swab PCR keliling nantinya yang akan beroperasi.

Selain mengadakan mobil PCR, Pemprov Sumbar menurut Mahyeldi juga perlu untuk menambah laboratorium. Saat ini hanya 2 laboratorium untuk testing covid. Yaitu di Unand, Padang dan Baso, Agam.

"Ini sangat kita harapkan, barangkali akan ada labor di UNP. Nanti jika terwujud Labor Andalas bisa membimbing, agar kita cepat dan maksimal dalam menangani covid-19," ujar Mahyeldi.

Mahyeldi menyebut, telah melakukan rapat dengan pihak rumah sakit se Sumbar untuk  peningkatan pelayan rumah sakit di Sumbar. Mereka juga sudah mengeluarkan edaran untuk rumah sakit agar menambah ruangan dan tempat tidur untuk penanggulangan covid-19. Baik yang parah ataupun OTG.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement