Selasa 25 May 2021 16:34 WIB

Ini yang Terjadi pada Tubuh Saat Konsumsi Banyak Garam

Kelompok dengan konsumsi sodium tertinggi paling sering mengalami sakit kepala.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Garam (Ilustrasi)
Foto: Pixabay
Garam (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurut panduan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), orang dewasa disarankan untuk mengonsumsi garam kurang dari lima gram per hari atau sekitar dua gram sodium per hari. Namun, adanya garam atau sodium "tersembunyi" di berbagai produk makanan membuat cukup banyak orang tanpa sadar mengonsumsi garam secara berlebih dalam keseharian mereka.

Mengonsumsi garam atau sodium secara berlebih memiliki konsekuensi yang serius bagi kesehatan. Berikut ini adalah lima hal yang mungkin terjadi pada tubuh bila seseorang terbiasa mengonsumsi garam secara berlebih, seperti dilansir di laman Eat This, Selasa (25/5):

1. Masalah ginjal

Studi yang dilakukan di Jepang pada 2018 menunjukkan bahwa diet tinggi garam berkaitan dengan peningkatan risiko gangguan fungsi jantung sebesar 29 persen. Studi ini melibatkan 12.126 orang dewasa.

Studi observasi lain pada 2018 yang dimuat dalam jurnal Kindey International menemukan bahwa asupan sodium yang tinggi berkaitan dengan peningkatan risiko penyakti ginjal kronis. Partisipan yang terlibat dalam studi ini merupakan individu dengan masalah hipertensi.

2. Sakit kepala terus-menerus

Asupan garam berlebih dapat memicu terjadinya sakit kepala yang berkepanjangan. Studi pada 2014 dalam BMJ Open menunjukkan bahwa kelompok dengan tingkat konsumsi sodium tertinggi paling sering mengalami sakit kepala. Sebaliknya, kelompok yang menjalani diet rendah sodium memiliki risiko sakit kepala yang lebih rendah.

3. Berat badan bertambah

Berdasarkan sebuah studi pada 2015 dalam jurnal Obesity, berat badan tampak dipengaruhi juga oleh asupan sodium. Setiap penambahan ekstra 1.000 miligram sodium per hari berkaitan dengan penambahan berat badan sebesar enam pon.

4. Perut kembung

Perasaan kembung yang tak nyaman bisa dipicu oleh konsumsi garam berlebih. Asupan garam yang berlebih akan menarik air di dalam saluran pencernaan. "Membuat Anda merasa kembung," ujar ahli gizi dari my Crohn's and Colitis Team Holly Klamer MS RDN.

5. Tekanan darah meningkat

Air memiliki sifat mengikuti garam. Ketika seseorang mengonsumsi garam secara berlebih, tubuh akan menahan banyak air. Kondisi ini akan memicu terjadinya peningkatan tekanan darah. "Seiring berjalannya waktu, hal tersebut akan merusak arteri Anda," kata ahli gizi dari The Oregon Dietitian, Megan Byrd RD.

Byrd mengatakan, peningkatan tekanan darah dalam kurun waktu yang berkepanjangan juga dapat mendorong terjadinya beberapa masalah kesehatan. Sebagian di antaranya adalah hipertensi, penyakit jantung, dan bahkan gagal jantung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement