Kamis 27 May 2021 09:40 WIB

Bupati Temanggung Berharap Vaksinasi Bagi Pedagang Tembakau

Vaksinasi penting karena petani tembakau akan panen tembakau di bulan Agustus 2021.

Petani merawat tanaman tembakau jenis Kemloko di persawahan desa Ketitang, Jumo, Temanggung, Jawa Tengah (ilustrasi)
Foto: ANTARA/ANIS EFIZUDIN
Petani merawat tanaman tembakau jenis Kemloko di persawahan desa Ketitang, Jumo, Temanggung, Jawa Tengah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TEMANGGUNG -- Bupati Temanggung M Al Khadziq berharap vaksinasi Covid-19 bagi komunitas pedagang tembakau dilakukan lagi sebelum memasuki masa panen tembakau  Agustus 2021. "Kami ingin, mereka yang berkecimpung di perdagangan tembakau, vaksinasinya segera diselesaikan sehingga jangan sampai nanti masuk masa panen dan perdagangan tembakau masih ada bayang-bayang ketakutan Covid-19," katanya di Temanggung, Jateng, Kamis (27/5).

Ia menyampaikan, jangan sampai bayang-bayang ketakutan Covid-19 di kalangan pertembakauan tersebut memengaruhi harga jual tembakau. Karena tembakau masih menjadi andalan masyarakat Temanggung.

Baca Juga

Khadziq menuturkan, sebagian warga yang terlibat dalam perdagangan tembakau memang sudah mendapatkan vaksinasi. Namun belum semuanya mendapatkan vaksinasi. Maka perlu segera dituntaskan. Menurut dia vaksinasi sekarang selain melaksanakan juklak Kemenkes yang berfokus pada lansia juga untuk pemenuhan strategi daerah khususnya ekonomi pertembakauan.

"Jumlah untuk komunitas pertembakauan ada ribuan orang, tetapi sebagian memang sudah dilakukan vaksinasi di dua perwakilan pabrik rokok di Temanggung," katanya.

Ia mengatakan, sebagian pedagang tembakau sudah mendapatkan vaksinasi dan akan diteruskan lagi agar pada masa penjualan tembakau nanti para pedagang tembakau yang biasa lalu lalang masuk gudang tembakau itu semuanya sudah divaksin.

Khadziq menuturkan, dalam urusan vaksinasi ini seharusnya juga mengakomodir kepentingan daerah. Bagi Kabupaten Temanggung, mempunyai kebutuhan strategis daerah untuk melakukan vaksinasi, yaitu vaksinasi terhadap komunitas pedagang tembakau menjelang panen tembakau.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement