Kamis 27 May 2021 16:00 WIB

Muslim & Kristen Hidup Damai di Kota Jos karena Sepak Bola 

Sepak bola dan musik sebagai media yang berhasil membangun kepercayaan di Kota Jos.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Muslim Nigeria.
Foto: google.com
Muslim Nigeria.

REPUBLIKA.CO.ID, JOS -- Kota Jos di negara bagian Plateau, Nigeria, pernah dilanda konflik agama bertahun-tahun lamanya. Api perselisihan pernah membara antara para pemuda Kristen dan Muslim yang berujung bentrok tak berkesudahan.

Orang-orang Muslim tak berani melintas ke distrik mayoritas Kristen, begitu pun sebaliknya orang-orang Kristen menghindari daerah-daerah yang didominasi mayoritas Muslim. Akan tetapi, perlahan-lahan permusuhan dan kebencian itu sirna.

Baca Juga

Tidak ada lagi konflik di kota itu. Bukan karena aparat yang berjaga-jaga, melainkan karena sepak bola.

Seperti dilansir France24 pada Kamis (27/5), para pemimpin komunitas di kota itu telah membuat sepak bola dan musik sebagai media yang berhasil membangun kepercayaan serta memulihkan perdamaian di kota itu.

 

Dengan mengedepankan mediasi dan semangat tim, Salis Muhammad Abdulsalam beserta anggota komunitasnya secara regenerasi merekrut pemain sepak bola muda dari 20 komunitas di kota itu. 

Klub-klub bola komunitas itu pun diberi nama unik, seperti Love FC dan Unity FC. Klub-klub bola itu telah membantu menyatukan kembali Kota Jos sebagai  ibu kota negara bagian Plateau tengah yang sempat terpecah.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement