Kamis 27 May 2021 18:08 WIB

Ingin Sehat pada Usia 40-an? Konsumsi 6 Makanan Ini

Pada usia 40-an, masalah asam lambung merupakan hal yang cukup umum.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Tips sehat dan bugar pada usia 40-an (ilustrasi).
Foto: republika
Tips sehat dan bugar pada usia 40-an (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa masalah kesehatan mulai bermunculan ketika memasuki usia 40 tahun. Beberapa yang paling sering terjadi adalah kadar kolesterol tinggi, prediabetes, obesitas, sindrom metabolik, dan hipertensi.

Beberapa cara terbaik untuk menghindari beragam masalah tersebut dan tetap sehat pada usia 40-an adalah dengan memperhatikan gaya hidup dan pola makan. Terkait gaya hidup, penting untuk membiasakan tidur yang cukup, melakukan olahraga secara rutin, dan mengelola stres. Kebiasaan yang kurang baik seperti merokok, minum minuman beralkohol, dan terlalu banyak mengonsumsi kafein juga perlu dikurangi.

Sedangkan terkait pola makan, penting untuk mendapatkan asupan dari sumber protein yang baik, lemak yang sehat, gandum utuh, serat yang cukup, hingga antioksidan. Penting juga untuk menjaga kecukupan asupan cairan agar hidrasi tubuh tetap terjaga.

Setidaknya ada enam hal yang perlu diperhatikan dan dikonsumsi demi menunjang kesehatan pada usia 40 tahun. Berikut ini adalah keenam hal terkait pola makan tersebut, seperti dilansir di Times of India, Kamis (27/5):

 

1. Protein baik

Biasakan untuk mulai mendapatkan asupan protein dari sumber yang baik. Beberapa contohnya adalah daging tanpa lemak, telur, ikan berlemak yang kaya omega 3, kacang-kacangan, dan susu rendah lemak. Protein sebaiknya dikonsumsi sebanyak satu gram per kilogram berat badan setiap hari.

2. Gandum utuh

Konsumsi gandum utuh dapat memberikan manfaat baik bagi kesehatan jantung karena memiliki kandungan vitamin B kompleks. Di samping itu, gandum utuh juga dapat menunjang kesehatan usus. Beberapa contoh sumber gandum utuh yang baik untuk dikonsumsi adalah oat, broken wheat, millet, dan nasi merah.

3. Lemak baik

Asupan lemak baik dapat memberikan efek perlindungan bagi kesehatan jantung. Lemak baik bisa didapatkan dari makanan seperti alpukat, zaitun, minyak cold-pressed, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

4. Serat

Asupan serat dapat memberikan efek perlindungan terhadap tekanan darah, kadar kolesterol, dan berat badan. Mendapatkan asupan serat yang cukup bisa memberikan perasaan kenyang yang lebih lama sehingga dapat membantu mencegah munculnya keinginan makan berlebih.

Serat bisa didapatkan dari sayur dan buah. Sayur dan buah juga kerap memiliki antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu mencegah kanker. Untuk laki-laki, buah dan sayur seperti brokoli, kubis, kecambah, kembang kol, teh hijau, tomat masak, kenari, dan beri dapat membantu menjaga kesehatan dan fungsi prostat.

5. Cairan

Menjaga pola makan tak hanya berkaitan dengan pemilihan makanan yang tepat, tetapi juga asupan cairan yang cukup. Hidrasi yang terjaga dengan baik akan membuat fungsi otot dan ginjal menjadi lebih terjaga. Orang-orang yang kurang menyukai air putih bisa mencoba alternatif yang sehat seperti infused water.

Yang sebaiknya dihindari

Salah satu yang sebaiknya dihindari adalah asupan kafein berlebih. Pada usia 40-an, masalah asam lambung dan heartburn atau sensasi terbakar di dada merupakan hal yang cukup umum. Mengurangi asupan kafein dapat membantu mencegah munculnya kedua keluhan tersebut.

Hal lain yang sebaiknya dihindari adalah makanan yang diolah dengan metode deep fry serta makanan kemasan. Keduanya jenis makanan ini dikenal dapat memicu terjadinya kegemukan dan penyumbatan arteri.

Pada usia ini, memangkas konsumsi garam juga perlu dilakukan. Membatasi asupan garam dapat membantu mencegah risiko tekanan darah tinggi sekaligus melindungi ginjal.

Orang-orang yang terbiasa mengonsumsi alkohol juga perlu mulai menjauhi kebiasaan ini. Menghindari konsumsi alkohol dapat membantu mencegah masalah ginjal dan menurunkan inflamasi di tubuh. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement