Jumat 28 May 2021 20:38 WIB

Acungan Jari Tengah Pemotor ke Pesepeda di Jalanan Jakarta

Wagub DKI minta pesepeda patuhi aturan bersepeda di jalan protokol.

Rep: Febryan A/ Red: Indira Rezkisari
Seorang pengendara sepeda motor mengacungkan jari tengah ke rombongan pesepeda di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat.
Foto: Istimewa
Seorang pengendara sepeda motor mengacungkan jari tengah ke rombongan pesepeda di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, menegur para pesepeda yang melaju di tengah badan jalan. Hal ini disampaikan Ariza menyusul viralnya sebuah foto yang menampilkan pemotor mengacungkan jari tengah ke rombongan pesepeda di Jalan Jenderal Sudirman.

Ariza awalnya kaget ketika diperlihatkan wartawan foto tersebut. "Ini acara apa kok ramai (pesepeda) gini," kata dia di Balai Kota DKI, Jumat (28/5).

Baca Juga

Ia pun mengimbau agar para pesepeda atau penggemar sepeda road bike untuk menggunakan jalan yang sudah disediakan. Pemprov sudah menyediakan jalur sepeda yang dibatasi planter box di Jalan Jenderal Sudirman.

"Semua sudah diatur semata-mata bukan bermaksud membatasi, tapi lebih karena ingin memastikan keselamatan semuanya. Tidak hanya keselamatan pengguna transportasi lain, tapi justru pengguna sepeda itu sendiri," kata Ariza.

 

Ariza menegaskan, jalur yang dilintasi pesepeda dalam foto itu adalah jalur umum yang diperuntukkan bagi mobil, kendaraan umum, kendaraan pribadi, dan juga sepeda motor. Jika pesepeda masuk jalur itu, maka akan sangat berbahaya.

"Untuk itu kami minta ke depan mari kita saling jaga, saling menghormati satu sama lain supaya di Jakarta ini bisa lebih baik, lebih aman," kata Ariza.

Sebelumnya, seorang pengendara sepeda motor dengan nomor polisi AA mengacungkan jari tengah kepada rombongan pesepeda yang memenuhi Jalan Sudirman, Jakarta Pusat. Hal itu tampak dalam sebuah foto yang viral di media sosial, Jumat (28/5).

Foto itu salah satunya beredar di media sosial Twitter. "Pengendara motor Plat AA lebih beretika dari pada pengguna sepeda yg memenuhi jalan. Bangga motorku Plat AA Kebumen," cicit akun @DhannyMarcell85.

Unggahan itu memperlihatkan bagaimana pengendara motor itu tampak kesal dengan kelompok pesepeda yang memenuhi ruas Jalan Sudirman - Thamrin. Sembari membalikkan kepalannya, ia kemudian mengacungkan jari tengah kepada kelompok pesepeda itu.

Unggahan tersebut mendapat beragam komentar warganet. Kebanyakan mendukung tindakan pengendara sepeda motor itu. Foto serupa juga diunggah ulang oleh beberapa akun lain di Twitter dan Instagram.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement