Senin 31 May 2021 13:12 WIB

Pemberangkatan Calhaj Masih Tunggu Keputusan Arab Saudi

Belum ada informasi mengenai penyelenggaraan haji 2021.

Pemberangkatan Calhaj Masih Tunggu Keputusan Arab Saudi. Ilustrasi
Foto: Dok Republika/Rakhmawaty La'lang
Pemberangkatan Calhaj Masih Tunggu Keputusan Arab Saudi. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, NUNUKAN -- Kepala Kementerian Agama Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara) HM Saleh mengatakan pemberangkatan 115 calon haji (calhaj) asal kabupaten itu ke Tanah Suci pada 2021 masih menunggu keputusan Pemerintah Arab Saudi.

HM Saleh mengungkapkan belum mendapatkan informasi dari Kemenag Pusat soal kepastian pemberangkatan calon haji tahun ini, karena belum ada keputusan dari Arab Saudi. "Namun, Kabupaten Nunukan siap memberangkatkan calon haji sesuai kuota tahun sebelumnya (2019) sebanyak 115 orang," ucapnya, Senin (31/5).

Baca Juga

Dari 115 calon haji tersebut, seluruh perlengkapan dokumen dan keperluan administrasi lainnya telah rampung, termasuk hasil tes usap bebas Covid-19. "Kalau ada permintaan untuk pemberangkatan calon haji dari Kabupaten Nunukan, kita sudah siap," ujar dia.

Saleh mengaku mendapatkan informasi terakhir Pemerintah Arab Saudi hanya bersedia menerima calon haji sebanyak 60 ribu dari seluruh dunia dengan syarat ketat, terutama usia maksimal 60 tahun. Mengenai kuota calon haji untuk Indonesia, dia belum mengetahui.

Saleh menyebutkan jika syarat usia maksimal 60 tahun, calon haji Kabupaten Nunukan yang memenuhi ketentuan itu hanya 50 orang. Hanya saja, ketentuan syarat usia ini belum ada kepastian dari menteri agama.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement