Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Meti Nopita 2020

4 Alasan Anda Harus Berhenti Merokok

Gaya Hidup | Monday, 31 May 2021, 13:20 WIB
Foto by klikdokter.com

Merokok merupakan kegiatan yang sering kita jumpai di masyarakat. Meskipun sebagian besar masyarakat mengetahui bahaya merokok, namun kebiasaan merokok tetap banyak dilakukan di masyarakat. Bahkan telah merambah ke siswa sekolah dasar. World Health Organization (WHO) melaporkan bahwa pada tahun 2008 terdapat satu miliar orang pengguna produk tembakau di seluruh dunia.

Merokok adalah suatu kebiasaan yang sulit untuk dihilangkan atau bahkan ditinggalkan. Perokok yang merokok secara rutin akan mengalami gejala sakau untuk beberapa minggu apabila mereka secara langsung berhenti merokok. Perlu diingat merokok bisa berdampak buruk bagi kesehatan jangka panjang. Akibat merokok sebenarnya sudah sering dijelaskan bahkan setiap Anda membeli sebungkus rokok.

Terlihat dengan jelas pada bungkus luar rokok bahwa "Rokok Membunuhmu", dan dapat mengakibatkan timbulnya berbagai macam gangguan penyakit kronis. Bahkan dicantumkan dengan jelas berbagai gambar seram.

Pada dasarnya merokok dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit kronis yang sangat membahayakan bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut beberapa penyakit berbahaya yang timbul akibat rokok, sebagai acuan Anda untuk berhenti merokok :

1. Dapat Menyebabkan Kanker

Merokok jangan dianggap sebagai hal yang sepele, karena semakin lama seseorang merokok maka bahaya terjangkitnya penyakit kanker akan semakin besar kemungkinannnya. Terutama untuk kanker yang berhubungan dengan sistem pernapasan manusia. Rokok membuat Anda menikmati asupan berbagai zat berbahaya ke dalam tubuh yang sebetulnya bisa menimbulkan kematian.

2. Dapat Menyebabkan Penyakit Paru - Paru

Pada dasarnya merokok berkaitan langsung dengan sistem pernapasan manusia hal tersebut yang dapat berdampak pada kesehatan paru-paru. Penyakit ini paling sering disebabkan oleh kebiasaan merokok atau penyakit akibat rokok. Paru-paru yang seharusnya dilalui oleh udara saja, namun dengan merokok maka Anda memasukkan berbagai zat berbahaya ke dalamnya.

3. Penyakit Jantung

Merokok dapat menyebabkan penyakit jantung. Asap rokok yang setiap hari masuk ke dalam tubuh akan menjadi plak yang menempel pada dinding jantung yang mengakibatkan darah tidak bisa mengalir secara sempurna. Padahal jantung memiliki fungsi vital bagi tubuh dengan tugasnya memompa darah. Jika jantung sudah tidak berfungsi dengan baik, maka hidup anda tidak normal bahkan terancam dengan kematian.

3. Gangguan Kehamilan

Merokok dapat menimbulkan gaangguan kehamilan dan janin. Diantaranya adalah bayi lahir prematur atau cacat, kemandulan, keguguran dan bahkan bisa berakibat pada tidak berkembangnya janin di dalam rahim ibu. Merokok menyumbat saluran darah dalam tubuh kita. Termasuk aliran darah ke dalam janin yang bisa menimbulkan berbagai gangguan seperti di atas.

Jika saat ini Anda adalah seorang perokok aktif berupayalah untuk segera berhenti merokok. Anda dapat melakukannya jika disertai dengan niat yang kuat untuk berhenti merokok. Jagalah kesehatan Anda dan cintai organ Anda.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image