Rabu 02 Jun 2021 06:05 WIB

Hamas Ajak Warga di Tepi Barat Protes atas Serangan Al-Aqsa

Hamas mengimbau unjuk rasa massal pada Jumat di Tepi Barat

Red: Nur Aini
Kelompok perlawanan Palestina Hamas pada Selasa (1/6) menyerukan unjuk rasa di Tepi Barat pada Jumat untuk memprotes serangan pemukim ke dalam kompleks Masjid al-Aqsa.
Kelompok perlawanan Palestina Hamas pada Selasa (1/6) menyerukan unjuk rasa di Tepi Barat pada Jumat untuk memprotes serangan pemukim ke dalam kompleks Masjid al-Aqsa.

 

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA -- Kelompok perlawanan Palestina Hamas pada Selasa (1/6) menyerukan unjuk rasa di Tepi Barat pada Jumat untuk memprotes serangan pemukim ke dalam kompleks Masjid al-Aqsa.

"Kami menyerukan untuk menjadikan Jumat ini sebagai 'hari kemarahan' di Tepi Barat dan menggelar demonstrasi massa untuk memprotes [upaya] pemukim untuk memaksakan kesepakatan selesai dengan bantuan pemerintah pendudukan," kata Hamas dalam sebuah pernyataan.

Kelompok Palestina menggambarkan serangan pemukim ke kompleks al-Aqsa sebagai upaya putus asa untuk menyelamatkan wajah pemerintah pendudukan.

Pada 23 Mei, polisi Israel mengizinkan serangan pemukim ke kompleks al-Aqsa di Yerusalem Timur setelah penangguhan selama tiga minggu karena bentrokan antara pasukan Israel dan warga Palestina.

Bagi umat Islam, Al-Aqsa merupakan situs tersuci ketiga di dunia setelah Makkah dan Madinah, sementara umat Yahudi menyebut daerah itu sebagai Gunung Bait Suci, tempat dua kuil Yahudi berdiri pada zaman kuno.

Sejak 2003, Israel telah mengizinkan pemukim memasuki kompleks hampir setiap hari.

Israel menduduki Yerusalem Timur, tempat Al-Aqsa berada, selama Perang Arab-Israel 1967 dan mencaplok seluruh kota pada 1980, sebuah langkah yang tidak pernah diakui oleh komunitas internasional.

Pada Juli 2017, UNESCO mengadopsi resolusi yang mengecam kegagalan Israel untuk menghentikan penggalian, pembuatan terowongan, pekerjaan, proyek, dan praktik ilegal lainnya yang terus-menerus di Yerusalem Timur, khususnya di dalam dan sekitar Kota Tua Yerusalem, yang ilegal menurut hukum internasional.

*Ahmed Asmar berkontribusi pada berita ini dari Ankara

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/hamas-ajak-warga-di-tepi-barat-protes-atas-serangan-al-aqsa/2260536
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement