Anggota Komisi VIII Minta Pemerintah Realistis Terkait Haji

Kamis , 03 Jun 2021, 07:33 WIB Redaktur : Esthi Maharani
Jamaah Muslim berdoa di sekitar Ka
Jamaah Muslim berdoa di sekitar Ka

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily meminta pemerintah mulai realistis terkait belum adanya pengumuman resmi dari Pemerintah Arab Saudi terkait pelaksanaan ibadah haji. Menurutnya, pemerintah perlu lebih mengutamakan keselamatan para calon jemaah haji Indonesia.

 

Terkait

"Kalau saya merekomendasikan lebih baik pemerintah realistis saja, kita lebih mengutamakan keselamatan dan kesehatan jamaah," ujar Ace di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (2/6).

Menurutnya hal tersebut perlu dilakukan oleh pemerintah, ketimbang harus memberikan harapan yang tidak pasti kepada para calon jemaah haji. Mengingat belum adanya pengumuman resmi dari Indonesia ataupun Arab Saudi.

"Daripada memberikan harapan-harapan, sebetulnya kita juga tidak bisa memberikan jaminan kepada mereka, lebih baik kita tegas saja. Lebih baik menunda pemberangkatan," ujar Ace.

Diketahui, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas  bersama Komisi VIII DPR telah menggelar rapat kerja tertutup terkait pelaksanaan ibadah haji 2021. Rencananya, keputusan hasil rapat tersebut akan diumumkan hari ini, Kamis (2/6).

"InsyaAllah besok siang akan kami umumkam di kantor Kemenag," singkat Yaqut usai rapat kerja tertutup dengan Komisi VIII DPR, Rabu (2/6).

Pengumuman ihwal keputusan haji dilakukan besok, agar tak ada penyampaian yang membuat calon jemaah haji bingung. Pasalnya, Kementerian Agama bersama Komisi VIII sudah membahas semua aspek terkait ibadah haji.

"Sabar sedikit, kan harus ditata. Supaya tidak salah apa yang disampaikan ke publik, harus transparan yang disampaikan ke publik," ujar Yaqut.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini