Jumat 04 Jun 2021 05:05 WIB

Menilai Peradaban Islam Lewat Jadwal Imsakiyah

Jadwal imsakiyah mempunyai aspek sains dan seni.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Ani Nursalikah
Menilai Peradaban Islam Lewat Jadwal Imsakiyah. Jadwal Imsakiyah Ramadhan (Ilustrasi)
Foto: Republika.co.id
Menilai Peradaban Islam Lewat Jadwal Imsakiyah. Jadwal Imsakiyah Ramadhan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Jadwal imsakiyah Ramadhan tidak hanya berfungsi memberikan informasi terkait waktu berpuasa dan sholat. Namun, bagi dosen Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka) Susiknan Azhari, banyak hal yang didapatkan dan dipelajari dari jadwal imsakiyah.

Menurut Susiknan, melalui jadwal imsakiyah seseorang dapat mengetahui dan menilai peradaban Islam. Bahkan, jadwal imsakiyah juga menginformasikan masa-masa keemasan Islam.

Baca Juga

"Menarik memang ketika kita bisa menilai peradaban kehidupan Islam lewat jadwal imsakiyah," kata Susiknan kepada Republika.co.id melalui sambungan telepon, Rabu malam (2/6).

Susiknan mengatakan jadwal imsakiyah mempunyai aspek sains dan seni. Pembuatan jadwal imsakiyah, dinilainya, telah melalui proses perhitungan yang sangat teliti dan ada seni di dalamnya.

 

Sehingga, muncul berbagai macam desai jadwal imsakiyah di berbagai belahan dunia. Dari berbagai desain tersebut, terlihat jejak-jejak sejarah peradaban Islam.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement