Jumat 04 Jun 2021 10:38 WIB

Populasi Muslim di AS Tumbuh, Jumlah Masjid Terus Bertambah

Pendorong utama peningkatan masjid adalah perluasan populasi Muslim di AS

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Masjid baru di Indiana tengah, Amerika Serikat
Foto: Wfyi
Masjid baru di Indiana tengah, Amerika Serikat

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Jumlah masjid di seluruh wilayah Amerika Serikat (AS). Sebuah laporan yang diberi judul The American Mosque 2020: Growing and Evolving, mengidentifikasi 2.769 masjid di AS pada 2020.

"Ini merupakan peningkatan 31 persen dari 2010 yang berjumlah 2.106. Tidak diragukan lagi, kekuatan pendorong utama untuk peningkatan masjid adalah perluasan populasi Muslim di Amerika karena imigrasi dan tingkat kelahiran," ujar laporan itu, dilansir Anadolu Agency, Jumat (4/6).

Baca Juga

Laporan The American Mosque 2020: Growing and Evolving dirilis pada Rabu (2/6). Sponsor utama survei dalam laporan itu di antaranya Islamic Society of North America (ISNA), Center on Muslim Philanthropy, Institute for Social Policy and Understanding (ISPU), dan Association of Statisticians of American Religious Bodies (ASARB). Dalam laporan tersebut, bertambahnya jumlah masjid diikuti oleh meningkatnya jumlah jamaah yang beribadah di masjid tersebut.

Menurut laporan itu, jamaah Shalat Jumat rata-rata diikuti oleh 410 orang pada 2020. Jumlah ini meningkat 16 persen dibandingkan pada 2010, yaitu sebanyak 53 orang.

"Hampir tiga perempat (72 persen) masjid mencatat peningkatan kehadiran shalat Jumat sekitar 10 persen atau lebih," kata laporan itu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement