Jumat 04 Jun 2021 14:15 WIB

Rayakan Tahun Kaligrafi Arab, Saudi Lukis Logo di 2 Pesawat

Saudia Airlines melukiskan logonya pada dua pesawat 787 Dreamliner.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Esthi Maharani
Saudi Arabian Airlines
Foto: saudigazette
Saudi Arabian Airlines

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Kementerian Kebudayaan Arab Saudi dan maskapai Saudi Airlines merayakan "Tahun Kaligrafi Arab" pada Rabu (2/6) dengan melukiskan logonya pada dua pesawat 787 Dreamliner. Salah satu pesawat tersebut lepas landas dari Riyadh ke London, dan yang lainnya terbang dari Jeddah ke Dubai.

Sebelum kedua pesawat lepas landas ke London dan Dubai, beberapa kegiatan diadakan di dalam Bandara Internasional King Khalid di Riyadh dan Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah. Kegiatan tersebut termasuk menjamu para ahli kaligrafi di ruang tunggu VIP dan Al-Fursan serta area boarding penumpang untuk menulis nama penumpang di boarding pass mereka, dalam kaligrafi Arab, untuk disimpan sebagai kenang-kenangan.

Kegiatan tersebut juga termasuk pertunjukan musik di kedua bandara dalam rangka merayakan kesempatan ini. Tidak hanya itu, buklet informasi dan buku mewarnai kaligrafi Arab juga dibagikan kepada penumpang di area boarding, ruang VIP dan ruang tunggu Al-Fursan. Pihak bandara juga memutar video tentang kaligrafi Arab dan desainnya di layar monitor kedua pesawat.

Jahez Company, mitra strategis dari prakarsa "Tahun Kaligrafi Arab" untuk 2021, dan Ittihad Raseel Company juga menawarkan 600 souvenir berlogo inisiatif tersebut kepada penumpang dua penerbangan Saudi Airlines.

Souvenir tersebut mencakup stiker, bingkisan yang dihias dengan identitas kaligrafi Arab, dan konten informasi yang mencerminkan kekayaan budaya Saudi.

Dilansir di Saudi Gazette, Jumat (4/6), perayaan ini merupakan bagian dari inisiatif "Tahun Kaligrafi Arab" yang diluncurkan oleh Kementerian Kebudayaan pada 2020 sebagai bagian dari inisiatif Program Kualitas Hidup, salah satu program Visi Saudi 2030. Inisiatif ini diperpanjang untuk satu tahun tambahan, dalam rangka memperkaya tahun 2021 dengan inisiatif dan proyek yang menegaskan keinginan Kerajaan Arab Saudi untuk mendukung dan merangkul seni kaligrafi Arab.

Inisiatif ini bertujuan untuk menyoroti kaligrafi Arab sebagai seni yang berdiri sendiri, menyebarkan budaya penggunaannya di antara institusi dan individu, dan menyatukan upaya dari para sektor dan inisiatif individu yang hendak memanfaatkan momen tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement