Jumat 04 Jun 2021 20:05 WIB
"Desa Wisata Simbol Kebangkitan Ekonomi Nasional"

Sandiaga Uno Bangkitkan Ekonomi Desa Wisata Candirejo

Candirejo satu dari 16 desa terpilih yang menerima sertifikasi sebagai desa wisata.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahudin Uno menaiki andong dalam rangka menyosialisasikan Dewa Wisata, Candirejo, Magelang.
Foto: Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahudin Uno menaiki andong dalam rangka menyosialisasikan Dewa Wisata, Candirejo, Magelang.

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 merupakan salah satu program pengembangan kepariwisataan Indonesia yang sedang digalakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dengan mengangkat tema “Indonesia Bangkit”,  program ini diharapkan mampu mewujudkan visi “Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat”. 

Rangkaian sosialisi acara Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021  dimulai pada 22 Mei sampai dengan 25 Juni 2021. Program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif setelah sukses diselenggarakan di Desa Wisata Pujon Kulon Malang, Desa Mas Ubud Bali, Desa Wisata Cisarua Bogor dan Desa Wisata Cibuntu Kuningan.

Kali ini, Desa Wisata menyelenggarakan acara “Sosialisi Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021” dengan tema “Indonesia Bangkit” di Desa Candirejo Magelang. Sebuah acara yang menggabungkan kekuatan sosial media dan media mainstream, diisi dengan kegiatan kunjungan menjelajah desa wisata yang sudah berkembang maupun berkelanjutan di daerah regional dan dilaksanakan dengan mengikuti protokol Kesehatan.

photo
Desa Wisata Candirejo: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, dengan adanya kegiatan Sosialisasi Desa Wisata ini, pihaknya ingin memberikan arahan kepada desa-desa wisata di Indonesia dari segi digitalisasi maupun dari segi protokol kesehatan. - (Istimewa)

 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, dengan adanya kegiatan Sosialisasi Desa Wisata ini, pihaknya ingin memberikan arahan kepada desa-desa wisata di Indonesia dari segi digitalisasi maupun dari segi protokol kesehatan. 

"Dengan kehadiran acara desa wisata ini, kami banyak mencatat beberapa kategori yang dapat kita tingkatkan agar persiapan kebangkitan ekonomi nasional dapat kita hadirkan melalui Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 ini," ujar Sandiaga dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Jumat (4/6). 

"Dengan adanya Desa Wisata ini, kami ingin mendapatkan kebijakan yang berkeadilan. Kenapa? Karena selama ini belum ada keterlibatan sampai masyarakat bawah, kebijakan yang bisa memberikan bantuan kepada masyarakat bawah," imbuh dia.

Dikatakan Sandiaga, kerja sama dengan para content creator atau youtuber merupakan satu generasi yang harus libatkan agar dapat maju ke depannya. Dengan kerja sama ini para content creator bisa mengajak masyarakat luas mulai mengapresiasi Desa Wisata sebagai simbol Kebangkitan Ekonomi Nasional. "Jadi daftarkan desa wisata kalian di Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021,” ujar Sandiaga.

Desa Candirejo, Kabupaten Magelang dipilih dalam kegiatan sosialisasi ini karena Desa Candirejo merupakan salah satu dari 16 desa terpilih yang menerima sertifikasi sebagai desa wisata berkelanjutan dari kementerian Pariwisata Ekonomi dan Kreatif. Desa Candirejo sebagai desa wisata pertama dari Kabupaten Magelang yang tersertifikasi.

photo
Desa Wisata Candirejo: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, dengan adanya kegiatan Sosialisasi Desa Wisata ini, pihaknya ingin memberikan arahan kepada desa-desa wisata di Indonesia dari segi digitalisasi maupun dari segi protokol kesehatan. - (Istimewa)

 

Desa wisata Candirejo sesuai dengan namanya, yang berarti tanah penuh dengan batu namun tetap subur, sehingga menghasil kerajinan tangan dari batu alam (ulekann, cobek, stupa hiasan). Candirejo dikenal juga sebagai simbol budaya jawa, mengunggulkan atraksi budaya seni tari jatilan, seni musik gamelan, hingga olahan kuliner berbahan dasar tempe yang sedang diusulkan menjadi warisan budaya dunia ke UNESCO.

Tujuan acara ini adalah untuk menyosialisasikan dan mengampanyekan program “Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021”. Hal ini agar dari 57 ribu desa di seluruh Indonesia yang memiliki daya tarik wisata tergerak untuk mendaftarkan desanya ke dalam program “Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021”.

Dari agenda 9 Desa yang dikunjungi Menparekraf dan public figure memiliki tujuan memberikan acuan contoh dan motivasi desa lainnya yang ada diseluruh Indonesia untuk ikut serta mendaftarkan dan berkompetisi untuk menjadikan desa mereka sebagai Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat”. 

Tidak hanya itu, kegiatan ini, juga bisa membangun motivasi bagi pengembangan desa dan menjadi penggerak ekonomi tingkat desa melalui desa wisata. Calon desa pendaftar juga tidak hanya bagi desa yang baru, melainkan desa wisata rintisan, berkembang dan maju yang belum mendaftarkan desanya juga bisa mengikuti program ini. Berikutnya diharapkan, target tahun 2021 dengan adanya “Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021” Kemenparekraf dapat mencatat setidaknya lebih dari 700 desa wisata yang masuk ke dalam data Desa Wisata Indonesia.

Acara promosi Desa Candirejo, Kabupaten Magelang  dilakukan langsung Sandiaga Salahuddin Uno, bersama Ananda Omesh (Omesh) selaku public figure serta Mitty Zasia seorang penyayi dan youtuber yang mengawali karier dengan membawakan ulang lagu-lagu hits nasional maupun Internasional yang mengeksplore keindahan alam dalam setiap video cover lagu yang dibuatnya. 

Acara Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 akan mengusung 7 (Tujuh) kategori penilaian bagi desa wisata pendaftar, di antaranya:  CHSE, Desa Digital, Souvenir (Kuliner, Fesyen, Kriya), Daya Tarik Wisata (Alam, Budaya, Buatan), Konten Kreatif, Homestay dan Toilet. Dimana kategori tersebut diharapkan mampu mendorong berkembangnya desa wisata menjadi wisata berkelanjutan dan sebagai bahan untuk meningkatkan kualitas yang dapat diikuti oleh semua desa di Indonesia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement