Jumat 04 Jun 2021 20:27 WIB

IPHI: Ada Hikmah Dibalik Pembatalan Keberangkatan Haji

Calon jamaah diimbau tetap perbanyak doa agar dipanjangkan usianya.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti / Red: Ani Nursalikah
IPHI: Ada Hikmah Dibalik Pembatalan Keberangkatan Haji
Foto: AP/Amr Nabil
IPHI: Ada Hikmah Dibalik Pembatalan Keberangkatan Haji

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PP IPHI) Ismed Hasan Putro mengatakan pembatalan keberangkatan haji yang kembali terjadi tahun ini tetap memiliki hikmah. 

"Haji tidak hanya ritual saja tetapi juga ibadah spiritual, disaat mendapat ujian ini, berarti jamaah diminta untuk tawakal dam sabar," ujar dia kepada Republika.co.id, Jumat (4/6).

Baca Juga

Calon jamaah diimbau tetap perbanyak doa agar dipanjangkan usianya untuk sampai waktu dalam menunaikan haji ketika situasi telah memungkinkan. Calon jamaah juga jangan sampai putus harapan dan tetap optimistis meski ada kekecewaan. 

"Ini mungkin ada hikmahnya sehingga calhaj lebih mempunyai waktu mempersiapkan haji," kata dia.

 

Selain itu, sembari menunggu waktu menunaikan haji, banyak ibadah lain yang dilakukan, seperti memperbanyak infak, zakat, dan berkontribusi dalam kesejahteraan masyarakat sekitar. Tak hanya calhaj, pemerintah juga membutuhkan waktu untuk kesiapan baik dari sisi teknis dan anggaran. 

Ismed juga menyarankan jika Kemenag terlalu kewalahan mengelola pelaksanaan ibadah haji, pemerintah dapat membentuk badan khusus pengelolaan haji. Hal ini juga dilakukan oleh negara tetangga Malaysia. 

Begitu juga BPKH, perlu pengembangan inovasi sehingga dana haji dapat dikembangkan. Sehingga tidak perlu ada wacana untuk mengumpulkan tambahan biaya dari calhaj.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement