Jumat 04 Jun 2021 22:09 WIB

Wapres: Kolaborasi Jadi Kunci Keberhasilan Ekosistem Eksyar

Hal ini agar ekonomi syariah dari memberi kontribusi dengan hasil maksimal.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Fuji Pratiwi
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. Kiai Ma'ruf mendorong kerja sama seluruh pihak dalam mempercepat pengembangan ekosistem ekonomi syariah.
Foto: dok. KIP/Setwapres
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. Kiai Ma'ruf mendorong kerja sama seluruh pihak dalam mempercepat pengembangan ekosistem ekonomi syariah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin mendorong kerja sama seluruh pihak dalam mempercepat pengembangan ekosistem ekonomi syariah. Menurut Wapres, ekonomi keuangan syariah memiliki peluang besar dan berkontribusi ke perekonomian yang terdampak pandemi Covid-19.

Agar kontribusi dapat memberikan hasil maksimal, perlu kerja sama antar seluruh pihak terkait yang menggeluti bidang-bidang ekonomi dan keuangan syariah. "Kunci utama agar upaya percepatan pengembangan ekosistem ekonomi syariah ini berhasil, terletak pada sinergi dan kolaborasi terpadu antarlembaga maupun organisasi masyarakat yang menggeluti ekonomi dan keuangan syariah," kata Wapres melalui siaran persnya, usai Halal Bihalal dengan Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Jumat (4/6).

Baca Juga

Wapres pun memiliki harapan kepada MES sebagai lokomotif penggerak pembangunan ekosistem syariah yang unggul dan berkelanjutan, untuk membuka peluang dan membangun sinergi antar pemangku kepentingan di bidang syariah. MES perlu mendorong partisipasi masyarakat agar tujuan untuk memeratakan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud.

"MES harus mampu membangun sinergi antara pelaku usaha besar dan pelaku usaha mikro dan kecil. Kemitraan antarpengusaha harus terus didorong, sehingga tujuan pemerataan kesejahteraan masyarakat sesuai prinsip-prinsip syariah akan benar-benar terwujud," ungkap Kiai Ma'ruf.

Karena itu, Wapres mengapresiasi kemitraan yang dibangun oleh MES dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Pertamina (Persero) dan Bank Syariah Indonesia (BSI) sebagai bentuk konkret implementasi pengembangan ekosistem syariah untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Wapres pun menyampaikan harapannya agar ke depan, kolaborasi antara MES dengan BUMN ini dapat semakin berkembang dan memberi manfaat besar bagi perekonomian umat.

"Harapan saya kerja sama antara MES dan BUMN ini dapat semakin diperluas cakupannya," kata Kiai Ma'ruf.

Wapres berpesan agar kolaborasi dan inovasi konkret yang telah dilakukan ini dapat selalu berkembang di bidang lainnya. Dengan begitu, kontribusi ekonomi dan keuangan syariah pada pemulihan ekonomi nasional dapat betul-betul dirasakan manfaatnya.

"Mari bersama-sama kita mengupayakan inovasi dan kolaborasi secara nyata, demi mewujudkan visi ekonomi dan keuangan syariah yang semakin memajukan dan menyejahterakan masyarakat Indonesia," kata Wapres.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement