Senin 07 Jun 2021 12:09 WIB

Ini Deretan Software Akuntansi untuk UMKM Berbasis Cloud

Cocok buat UMKM, kelola keuangan dengan rekomendasi software akuntansi gratis

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Ini Deretan Software Akuntansi di Tanah Air yang Berbasis Cloud untuk UMKM, Tanpa Instal.. (Foto: Istimewa)
Ini Deretan Software Akuntansi di Tanah Air yang Berbasis Cloud untuk UMKM, Tanpa Instal.. (Foto: Istimewa)

Software akuntansi di Indonesia sudah sangat lazim digunakan sebagai pengganti pembukuan secara manual.

Namun, seiring perkembangan teknologi, dengan teknologi berbasis cloud kini software tersebut dapat diakses langsung melalui web browser, tanpa perlu memasangnya terlebih dahulu di komputer Anda.  Baca Juga: HRIS Maksimalkan Teknologi Cloud Permudah Hybrid Working

Software Akuntansi merupakan piranti lunak untuk berbagai keperluan akuntansi. Di dalamnya meliputi pekerjaan pencatatan, analisis, hingga laporan keuangan. 

Pada dasarnya, setiap pengembang pasti punya fitur unggulan tersendiri yang mereka kedepankan. Namun saat ini software berbasis cloud adalah yang paling populer karena lebih praktis. Baca Juga: Red Hat Rilis Tiga Layanan Managed Cloud Baru

Berikut ini 5 rekomendasi software akuntansi di Indonesia yang paling banyak penggunanya, seperti dirangkum, Jumat (4/6/2021). Baca Juga: Kenalin Nih! NOBI, Aplikasi Aset Kripto yang Bikin Untung dan Minim Risiko

1. Jurnal

Jika Anda bertanya software akuntansi berbasis cloud terbaik untuk berbagai skala bisnis, Jurnal adalah jawabannya. 

Work from home tidak lagi menjadi masalah. Dengan Jurnal, pengelolaan akuntansi bisnis Anda akan jauh lebih praktis dan efisien. 

Bukan cuma itu, tetapi Jurnal juga menawarkan integrasi yang sangat lengkap. Sistem POS, payroll, perpajakan, bank, dll semuanya terhubung dalam satu dasbor. 

Sebagai pionir software akuntansi berbasis cloud di Indonesia, Anda tak perlu ragu memilih Jurnal.

2. FreshBooks

Layanan FreshBooks memang dibuat khusus untuk pemilik usaha kecil. Dengan software akuntansi berbasis cloud ini, usaha kecil Anda bisa memiliki laporan keuangan layaknya perusahaan besar. 

Tampilan antarmukanya sederhana dan mudah dipahami. Tujuannya supaya orang non-akuntan pun bisa memakainya. Baca Juga: Pertamedika Gandeng Google Cloud Luncurkan Sistem Layanan Kesehatan Terintegrasi

Terlepas dari kesederhanaannya, fitur di FreshBooks terbilang lengkap. Ditambah lagi Anda bisa mengintegrasikannya dengan layanan populer lain seperti WordPress, MailChimp, Paypal, dll.

3. QuickBooks

Selanjutnya ada QuickBooks, software pembukuan yang juga sudah sangat populer di dunia. 

Pengguna semakin dimudahkan sejak QuickBooks menawarkan layanan online berbasis cloud. Namun di luar itu, software dari Intuit ini sebenarnya punya banyak variasi.

Bahkan Anda bisa me-request paket khusus jika memerlukannya dengan mengajukan permintaan kepada tim QuickBooks. 

4. Xero

Salah satu kelebihan Xero adalah biaya berlangganannya relatif lebih rendah. Tetapi pastikan Anda sudah mengetahui apa saja fitur dan batasan-batasannya.

Ya, Xero membatasi beberapa fitur seperti pengiriman faktur, tagihan dan rekonsiliasi transaksi bank pada paket terendahnya.

Akan tetapi secara keseluruhan, Xero cukup digandrungi para pengusaha di Indonesia. 

Fiturnya tak kalah lengkap, mulai dari manajemen keuangan cerdas dan pelacakan. Konfigurasinya mudah dan tersedia pula pada perangkat mobile Anda.

Satu lagi, Xero tidak membatasi jumlah pengguna tambahan untuk pengelola datanya.

5. Harmony

Sage Accounting adalah software akuntansi veteran. Mereka memberikan kesan pertama yang baik dengan harga yang jelas serta bebas biaya tersembunyi. 

Modulnya lengkap dengan penyajian minimalis. Takhanya itu, mereka memiliki dokumentasi tutorial mendetail serta tim support yang online 24/7. Ini membuat Anda tidak perlu merasa khawatir saat butuh bantuan.

Ada satu penawaran menarik untuk pemula bernama Accounting Start. Beberapa fitur memang hilang, tetapi paket ini sangat recommended untuk usaha kecil.

Jadi, Software Apa yang Sebaiknya Anda Pilih?

Di luar rekomendasi barusan tentu masih ada banyak software akuntansi online lainnya. Pada akhirnya pilihan terbaik tergantung pada kebutuhan perusahaan atau skala bisnis Anda masing-masing.

Lagi pula setiap layanan software akuntansi di Indonesia menawarkan paket yang berbeda-beda. Jadi, pastikan pelajari dulu fitur apa saja yang akan Anda dapatkan nantinya. Bila perlu lakukan uji coba dulu supaya lebih yakin mana software akuntansi terbaik untuk bisnis Anda.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement