Sabtu 05 Jun 2021 15:36 WIB

2 Siksaan di Dunia yang Diberikan Allah SWT ke Bani Israil

Allah SWT memberikan siksa langsung atas maksiat Bani Israil

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Allah SWT memberikan siksa langsung atas maksiat Bani Israil Ilustrasi Padang Pasir
Foto: Pixabay
Allah SWT memberikan siksa langsung atas maksiat Bani Israil Ilustrasi Padang Pasir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Allah SWT menurunkan kepada Bani Israil lebih dari satu jenis siksaan dan cobaan karena dosa-dosa mereka, dan berikut ini disebutkan beberapa azab Bani Israil yang menimpa mereka dalam kehidupan dunia.  

Ketika Bani Israil  melanggar perjanjian dengan Nabi Musa dan menyembah anak sapi setelah ditinggal pergi Nabi Musa Allah SWT mengatur hukuman berat bagi mereka ketika Dia memerintahkan mereka untuk berperang, dengan saling membunuh. 

Baca Juga

Dan itu adalah siksaan dan kesengsaraan yang berat yang menimpa Bani Israil, yang darinya mereka tidak dapat menemukan apa-apa. Jadi mereka mulai bertarung dengan pisau, dan beberapa orang mengangkat pisau ke arah satu sama lain. 

Sampai mereka saling membunuh, sampai Allah SWT mengizinkan mereka untuk berpuas dengan tindakan mereka, maka siapa pun yang hidup setelah itu Allah akan mengampuni dosa mereka. Lalu siapa pun yang terbunuh, Allah akan menjadi saksi atas pengorbanan mereka. 

Allah telah menguji Bani Israil  dengan melarang perburuan paus bagi mereka pada hari Sabtu atau sabat, kemudian Dia menambahkan untuk menguji mereka. Dia membuat paus lebih banyak pada hari Sabtu dan lebih sedikit pada hari-hari lainnya sampai mereka memburu mereka dengan susah payah, dan sekelompok Bani Israil ingin menipu perintah Allah. Jadi mereka berburu ikan paus pad Sabtu dan memanggangnya untuk makanan pada hari selain Sabtu. 

Tetapi Allah tidak menyetujui tindakan ini dan mengubah mereka menjadi kera. Salah seekor kera di antara mereka mengenal kerabat manusianya, dan mencoba berbicara dengannya dan tetap bersama kerabat manusianya. Namun kerabatnya menolak mengakui kera tersebut karena tidak mengenalnya. 

Alquran menyebutkan bahwa Bani Israil  ada dua jenis, sekelompok dari mereka adalah orang-orang beriman yang bertakwa kepada Allah dan sebagian lainnya yang sebagian besar memiliki sifat-sifat tercela karena keburukannya.n Ratna Ajeng Tejomukti

Sumber: mawdoo3

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement