Senin 07 Jun 2021 11:43 WIB

Museum Sharjah Siapkan Pameran Hubungan Islam dan Air

Pameran ini memberikan wawasan tentang pentingnya air dalam Islam.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Museum Sharjah Siapkan Pameran Hubungan Islam dan Air. Bagian dalam Museum Peradaban Islam Sharjah di Sharjah, Uni Emirat Arab (UEA).
Foto: The National/Sarah Dea
Museum Sharjah Siapkan Pameran Hubungan Islam dan Air. Bagian dalam Museum Peradaban Islam Sharjah di Sharjah, Uni Emirat Arab (UEA).

IHRAM.CO.ID, SHARJAH -- Sebuah pameran baru yang tengah disiapkan oleh Museum Peradaban Islam Sharjah, Uni Emirat Arab (UEA) akan menampilkan hubungan unik antara air, seni, dan Islam.

Bertajuk Drop by Drop, Life Falls from the Sky: Water, Islam and Art, pertunjukan ini akan menampilkan 120 karya seni dan objek yang memberikan wawasan tentang pentingnya air dalam Islam. Air tidak hanya untuk wudhu, tetapi juga memiliki makna simbolis seperti yang tertulis di Alquran.

Baca Juga

Pameran tersebut rencananya dibuka pekan ini, tepatnya Rabu, 9 Juni. Hal ini merupakan hasil kolaborasi antara Sharjah Museums Authority (SMA) selaku pengurus Museum Peradaban Islam Sharjah serta Fondazione Torino Musei di Turin, Italia.

Dilansir di The National News, Senin (7/6), pameran akan terdiri dari empat tema. Mereka berupaya mengeksplorasi berkah air dan Islam, air dan kehidupan sehari-hari, hammam, dan taman tradisional. Sejumlah objek pinjaman untuk pameran diambil dari 16 koleksi publik dan pribadi terkenal Italia, serta dari koleksi Museum Peradaban Islam Sharjah dan Museum Seni Sharjah. Disiapkan pula sejumlah artefak, mulai dari manuskrip, logam, tembikar, kaca, tekstil, karpet, dan batu yang terkait dengan seni Islam.

Salah satu karya seni yang dipamerkan nanti adalah mangkuk Ottoman abad ke-19. Cawan ini diperoleh selama pemerintahan Ottoman di Balkan, yang memuat unsur-unsur dari dunia Byzantium, Venesia dan Eropa Utara. Tak hanya itu, sejumlah peninggalan termos Ottoman juga akan ditampilkan. Beberapa di antaranya telah digunakan oleh jamaah haji di Makkah, saat mereka mengambil air dari sumur zamzam.

Ada juga sebuah bajan bundar berukuran besar dengan tulisan tentang kemenangan Sultan Al Malik Al Nasir Muhammad Ibn Qalawun, seorang sultan Mesir selama periode Mamluk. Di bagian taman museum, pengunjung dapat melihat air mancur dari Ghazni di Afghanistan, yang dipahat dari marmer dengan dekorasi geometris dan arab.

Sebagai bagian dari pameran, SMA dan Fondazione Torino Musei akan mempresentasikan seminar tentang pertunjukan dan tema yang mereka angkat, pada Sabtu (12/6). Kegiatan ini akan dimoderatori oleh Direktur Institut Kebudayaan Italia - Kedutaan Besar Italia untuk UEA di Abu Dhabi, Ida Zilio-Grandi.

Katalog berisi 300 halaman dalam bahasa Arab, Inggris, dan Italia telah diterbitkan untuk pameran ini. Di dalamnya berisi lebih dari 120 ilustrasi warna dan esai tentang subjek yang dieksplorasi dalam pameran tersebut. 

https://www.thenationalnews.com/arts-culture/art/new-sharjah-exhibition-explores-unique-links-between-water-islam-and-art-1.1235361

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement