Senin 07 Jun 2021 16:48 WIB

Manila Resmikan Pemakaman Muslim Pertama

Kompleks pemakaman itu memiliki ukuran 2.400 meter persegi.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Muslimah melaksanakan shalat Idul Fitri di Luneta Park di Metro Manila, Filipina, 25 Juni 2017.
Foto: Reuters/Dondi Tawatao
Muslimah melaksanakan shalat Idul Fitri di Luneta Park di Metro Manila, Filipina, 25 Juni 2017.

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Pemerintah Manila, meresmikan pemakaman Muslim dan balai kebudayaan pertama, Senin (7/6). Keberadaan dua hal ini sebagai tanda penghormatan kepada umat Islam yang membawa kehormatan besar ke kota tersebut.

Wali Kota Manila, Francisco "Isko Moreno" Domagoso, mengatakan kompleks pemakaman itu memiliki ukuran 2.400 meter persegi. Nantinya, berfungsi sebagai simbol pengingat bagi generasi muda dan generasi mendatang tentang "sejarah, budaya, dan tradisi" ibu kota.

Baca Juga

"Pemakaman itu dibangun sebagai cara untuk mengatasi perjuangan komunitas Muslim menguburkan almarhum, mengingat kurangnya tempat pemakaman yang layak di ibu kota," kata Domagoso, dikutip di Manila Times, Senin (7/6).

Di sisi lain, Wakil Wali Kota Ma. Sheilah "Honey" Lacuna-Pangan, mengatakan pihaknya menawarkan bangunan dan situs ini sebagai manifestasi, bagaimana pemerintah menghormati dan menghargai budaya serta tradisi nenek moyang dan sejarah Islam.

 

Direktur Biro Urusan Muslim, Shey Sakaluran Mohammad, bersama pejabat lokal lainnya menghadiri upacara peresmian tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement