Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Bambang

Marketing Mix Untuk Sukses Penjualan Produk

Bisnis | Monday, 07 Jun 2021, 22:08 WIB

Tentunya untuk memasarkan produk, sebuah perusahaan membutuhkan tool komunikasi yang baik dan efektif untuk memberikan informasi mengenai produk perusahaan kepada masyarakat sehingga produk tersebut terkenal atau sekarang viral dan akhirnya mampu mempengaruhi keputusan masyarakat untuk membelinya. Dalam teori Marketing mix dijelaskan bahwa dalam pemasaran perlu mengumpulkan variabel-variabel yang digunakan untuk mempengaruhi keputusan konsumen/pelanggan. Dalam hal ini menurut Philip Kotler Marketing mix adalah seperangkat alat/tools pemasaran yang digunakan pemasar untuk terus menerus mencapai tujuan pemasarannya di pasar sasaran. Dalam marketing mix terdapat beberapa unsur yaitu produk (product), harga (price), tempat/lokasi (place), promosi(promotion).

a. Produk (product)

Produk menurut philip kotler adalah sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian untuk dibeli, untuk digunakan, atau dikonsumsi yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan. Pengembangan produk baru, apakah dari sisi manfaat maupun desain, sebaiknya memperhatikan aspek motivasi konsumen. Adanya sekelompok konsumen yang menginginkan kepraktisan, kemudahan, sementara ada kelompok konsumen yang meginginkan suatu produk yang mampu menunjukkan dirinya sebagai ungkapan kebutuhan aktualisasi diri perlu menjadi dasar pertimbangan dalam merancang produk.

b. Harga (price)

Harga adalah sejumlah uang yang dibebankan atas suatu produk atau jasa, atau jumlah dari nilai yang ditukar konsumen atas manfaat- manfaat karena memiliki atau menggunakan produk atau jasa tersebut.

c. Tempat/lokasi (place)

Lokasi berhubungan dengan keputusan yang di buat oleh perusahaan mengenai dimana operasi dan karyawannya di tempatkan. Hal yang paling penting dari lokasi adalah tipe dan tingkat interaksi yang terlibat.

d. Promosi (promotion)

Promosi merupakan kegiatan yang digunakan untuk memberitahu dan membujuk pasar tentang produk atau jasa yang baru pada perusahaan melalui iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan, maupun publikasi. Sehingga promosi adalah salah satu dari bagian pemasaran,sebagai suatu bentuk komunikasi pemasaran berupa aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi, dan mengingatkan sasaran pasar atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang di tawarkan perusahaan yang bersangkutan.

e. Kualitas Pelayanan

Pelayanan (service) secara umum adalah setiap kegiatan yang diperuntukan atau ditujukan untuk memberikan kepuasan kepada konsumen melalui pelayanan yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen. Pelayanan yang baik juga menjadi salah satu syarat kesuksesan pemasaran suatu produk dalam perusahaan. Pelayanan atau service merupakan cara promosi secara tidak langsung yang dilakukan oleh perusahaan, karena jika pelayanan yang diberikan kepada konsumen baik maka pelanggan akan merasa puas dan hasil ini dapat dijadikan alat untuk menarik pelanggan lebih banyak lagi.

Di era digital, mengenai teori Marketing Mix sangat masih relevan, mungkin masalah tempat tidaklah begitu penting. Namun penjualan produk dengan memadukan antara offline dan online tentunya masalah tempat harus diperhatikan. Dalam era digital ini yang paling penting adalah bagaimana produk bisa VIRAL.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image