Selasa 08 Jun 2021 14:24 WIB

MLA Minta Jaminan PM Modi untuk tidak Membongkar Masjid

MLA minta masjid yang terletak di sekitar proyek Central Vista tidak akan dihancurkan

Rep: Mabruroh/ Red: Esthi Maharani
Masjid di India.
Foto: wikipedia
Masjid di India.

IHRAM.CO.ID, NEW DELHI -- Ketua Dewan Wakaf dan AAP Okhla MLA, Amanatullah Khan pada Jumat (4/6) menulis kepada PM Narendra Modi. Ia meminta jaminan Modi bahwa masjid yang terletak di sekitar proyek Central Vista yang sedang berlangsung tidak akan dihancurkan.

Khan, mengutip kekhawatiran yang dibagikan oleh komunitas di media sosial. Komunitas tersebut menyatakan keprihatinannya terkait dengan masjid-masjid yang terletak di Zona Lutyens di sekitar poros proyek. Seorang juru bicara Kementerian Perumahan dan Urusan Perkotaan, menolak berkomentar tentang masalah ini.

Khan secara khusus menyebutkan Masjid Zabta Ganj yang terletak di ujung badan air dekat Gerbang India, masjid lain yang terletak di dalam kawasan Krishi Bhawan serta Rumah Presiden.

“Akibat keresahan ini, kekhawatiran yang juga didukung oleh pembongkaran dua masjid di UP, yaitu Masjid Ghareeb Nawaz dihancurkan pada 17 Mei 2021 di Barabanki dan masjid lain dihancurkan pada 28 Mei 2021 di Kota Khatauli Barat UP, yang bertanda tangan di bawah ini sedang ramai-ramai bertanya,” ujarnya dilansir dari The Hindu, Senin (7/6).

 

Masjid Krishi Bhawan, Masjid Jalan Sunehri Bagh, Masjid Jama Masjid di jalan Palang Merah, yang dikenal sebagai Masjid Jalan Parlemen, semuanya adalah properti Wakaf. Sampai saat ini, kata Khan, tidak ada komunikasi yang dikirim ke Dewan Wakaf Delhi oleh otoritas yang bertanggung jawab atas proyek Central Vista sehubungan dengan masjid atau properti Wakaf lainnya. Melalui perwakilannya kepada PM, Khan mengatakan, dia meminta jaminan dari pemerintah bahwa “tidak ada properti Wakaf yang akan dihancurkan, atau sifatnya berubah karena proyek Central Vista yang sedang berlangsung”.

“Yang bertanda tangan di bawah ini dengan sungguh-sungguh mengharapkan bahwa pemerintah dengan murah hati akan memberikan jaminan tersebut di atas kepada Dewan Wakaf Delhi dalam waktu 10 hari sejak diterimanya perwakilan ini sehingga setiap litigasi dapat dihindari,” kata Khan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement