Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sofiyatus sholikhah

PENILAIAN AKHIR TAHUN DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Olahraga | Wednesday, 09 Jun 2021, 00:55 WIB

Penulis : Sofiyatus sholikhah Mahasiswa PGSD

Universitas Muhammadiyah Purworejo

Sudah hampir 1,5 tahun wabah Virus Covid-19 melanda dunia pendidikan Indonesia. Hal ini mengakibatkan banyak sekali perubahan di segala sistem yang ada di dunia termasuk pendidikan. Semua keputusan sudah dipertimbangkan dengan matang oleh pemerintah. Bagaimanapun pendidikan harus tetap berjalan. Termasuk salah satunya proses penilaian. Tepat di bulan Juni ini diselenggarakan PAT ( Penilaian Akhir Tahun). Dalam pengambilan nilainya pun berbeda dari tahun sebelumnya, mengingat dalam proses kegaiatan belajar di masa covid-19 yang dilakukan dengan PJJ. Prinsip fleksibilitas, berkeadilan, non-diskriminatif, dan tak merugikan siswa harus benar-benar diterapkan.

Dalam pelaksanaanya pun kita juga harus memperhatikan keadaan mental anak pasca Covid-19. Ada baikanya jika mental anak belum siap. Maka guru perlu memberikan pemanasan materi agar anak bisa mengingat kembali apa yang telah mereka pelajari selam masa pandemi Covid-19. Untuk sarana dan prasaran dalam pelaksanaan PAT online perlu diperhatikan tentang gawai. Jika dalam satu rumah hanya memiliki gawai 1 sedangakan yang masih berada dijenjang sekolah maka tentunya tidak dapat dilakukan secara persamaan. Adapun yang pelaksanaanya dengan tatap muka tentunya perlu mengatur shift anak masuk karena jika bersamaan akan menimnbulkan kerumunan masa. Hal ini menjadi tantangan yang besar untuk para tenaga pendidikan baik guru, maupun dinas pendidikan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image