Rabu 09 Jun 2021 13:37 WIB

Bagaimana Pengepungan Sarajevo Mengubah Pelaporan Perang

Kisah pengepungan Abu kota Bosnia, Sarajevo, yang mengubah laporan jurnalisme perang

Sebuah tank UNPROFOR di samping stasiun TV Sarajevo
Foto: Al Jazeera.com
Sebuah tank UNPROFOR di samping stasiun TV Sarajevo

IHRAM.CO.ID, Pada Selasa (8/9) kemarin, Ratko Mladic, Jendral  Serbia yang memimpin penyerbuan ke Srebrenica pada perang Bosnia usia pecahnya Yugoslavia telah dihukum pengadilan PBB seumur hidup karena melakukan genosida di wilayah yang kini menjadi bagian dari negara Bosnia di semenjaung Balkan.

Bulan Appril lalu menandai 29 tahun sejak dimulainya perang 1992-1995 di Bosnia dan Herzegovina dan pengepungan Sarajevo, di mana kota itu dikepung secara militer dan menjadi sasaran tembakan, mortir, dan penembakan setiap hari, pertama oleh Tentara Rakyat Yugoslavia (JNA). ) dan selanjutnya oleh Tentara Republika Srpska (VRS).

Dalam tulisan jurnalis  Kenneth Morisson pada 19 April 2021 di Al Jazeera.com, di sana dituturkan kisah pengepungan kota yang menjadi ibu kota Bosnia sekarang, yakni Sarajevo. Tak beda di Srebrenica di Sarajevo kini juga di temui pemakaman masal para korban keganasan pasukan Serbia itu. Letak pemakaman itu malah berada di tengah kota, yang sebelumnya merupakan sebuah taman.

Kenneth selanjutnya bercerita begini:

 

Pengepungan berlangsung 1.425 hari, menjadikannya pengepungan terpanjang dalam sejarah modern, dan menewaskan lebih dari 11.000 orang. Banyak institusi budaya kota yang paling penting, monumen bersejarah, tempat olahraga dan infrastruktur sosial dan ekonomi yang lebih luas hancur atau rusak parah. Warga biasa, yang sudah menderita kekurangan yang disebabkan oleh terputusnya pasokan gas, listrik dan air, tidak hanya terperangkap dalam baku tembak tetapi juga sengaja menjadi sasaran tembakan peluru dan penembak jitu.

Media internasional menggambarkannya sebagai pertarungan yang menarik antara David dan Goliat; pembela kota bersenjata ringan yang dikelilingi oleh kekuatan sisa-sisa VRS. Yang memperparah ini adalah citra mendalam dari tempat yang dikenal masyarakat luas terutama sebagai kota tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 1984. Dan bagi koresponden asing yang melaporkan dari Sarajevo selama pengepungan, itu menjadi kisah paling penting dalam karir mereka dan sejumlah besar tetap berkomitmen pada kisah itu sampai pengepungan dicabut pada Februari 1996.

Mengubah cara kerja jurnalis

Sementara sejumlah jurnalis berpengalaman, seperti wartawan BBC Martin Bell dan pemenang Hadiah Pulitzer John F Burns dari New York Times, memberikan kontribusi yang signifikan, generasi muda juga sama pentingnya.

Kurt Schork dari Reuters, Christiane Amanpour dari CNN dan Allan Little dari BBC termasuk di antara yang membuat nama mereka terlema; di Bosnia dan Herzegovina. Sementara banyak jurnalis dan fotografer muda dan kurang berpengalaman, beberapa beroperasi sebagai pekerja lepas, stringer atau "super-stringer" belajar kerajinan mereka di Sarajevo, yang berubah secara signifikan selama periode empat tahun itu.

 

How the siege of Sarajevo changed war reporting | Europe | Al Jazeera

Keterangan foto: Wartawan BBC Kate Adie melaporkan dari Sarajevo [Courtesy of Paul Lowe]

Munculnya teknologi digital mulai mengubah cara mereka bekerja. Ini misalnya soal penggunaan mobil lapis baja, jaket antipeluru dan helm menjadi lebih luas diakrabinya, seperti halnya siaran satelit langsung dan jalan tak terhindarkan menuju siaran "tirani dua arah".

Memang, banyak praktik yang dikembangkan di Sarajevo selama pengepungan akan menjadi standar dalam pelaporan perang sesudahnya. Dan, dalam konteks khusus ini, demonstrasi solidaritas yang luar biasa dalam bentuk Sarajevo Agency Pool, yang memfasilitasi "pengumpulan" rekaman sehingga kru TV, khususnya, dapat membatasi paparan mereka terhadap risiko yang tidak perlu.

Mungkin aspek yang paling luar biasa dari liputan tentang pengepungan Sarajevo adalah perkembangan infrastruktur jurnalistik yang relatif cepat yang memfasilitasi pekerjaan para koresponden asing ini.

Antara April dan Juni 1992, hanya ada sedikit infrastruktur semacam itu, meskipun satu akan muncul dan berkonsolidasi pada akhir musim panas 1992. Pada saat itu, Sarajevo telah menjadi semacam rumah kedua bagi banyak koresponden asing dan kota itu menjadi lensa utama bagi sebagian besar orang luar untuk melihat perang di Bosnia dan Herzegovina.

Memang, pada Juli 1992, gedung-gedung seperti Holiday Inn, stasiun TV Sarajevo – tempat European Broadcasting Union (EBU) mendirikan titik umpan satelit – gedung PTT tempat briefing PBB berlangsung, dan bandara kota tempat para jurnalis dapat terbang 'dari dan menuju' luar Sarajevo. Fasilitas ini telah menjadi bagian dari infrastruktur vital yang digunakan para jurnalis untuk mengirim laporan harian mereka tentang perkembangan di dalam kota yang terkepung itu. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement