Rabu 09 Jun 2021 16:46 WIB

Bayam, Makanan Sederhana dengan Nitrat Terkaya

Anda bisa mendapatkan 24 hingga 387 miligram nitrat dalam seporsi bayam 100 gram.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Bayam (Ilustrasi)
Foto: Allwomenstalk
Bayam (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengonsumsi makanan kaya nitrat dinilai bisa signifikan meningkatkan fungsi otot. Utamanya, ketika menyangkut anggota tubuh bagian bawah.

Seperti dilansir di laman Eat This Not That!, berdasarkan studi pada 2012 oleh Institut Karolinska di Stockholm, menunjukkan nitrat dapat membantu pengaturan kalsium pada manusia. Saat nitrat meningkat dalam tubuh, lebih banyak kalsium dilepaskan, yang membantu kekuatan otot. Ini sangat penting bagi orang lanjut usia (lansia) yang membutuhkan otot lebih kuat seiring bertambahnya usia.

Bayam dianggap sebagai salah satu sumber nitrat terkaya, bersama dengan sayuran hijau populer lainnya seperti kangkung dan lobak. Jumlah nitrat dalam bayam sebenarnya dapat bervariasi, tergantung di mana dia tumbuh dan musimnya.

Menurut referensi medis Web MD, Anda bisa mendapatkan antara 24 hingga 387 miligram dalam seporsi bayam 100 gram. Satu porsi bayam sederhana akan memberi Anda cukup nitrat pada hari itu berdasarkan perhitungan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Mengonsumsi protein dalam jumlah yang cukup masih merupakan kunci pemulihan otot. Namun, menurut MedicineNet, bayam telah terbukti mengurangi stres pada otot, yang dapat membantu memperkuat jaringan otot.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement