Kamis 10 Jun 2021 16:25 WIB

Liga Muslim Dunia Fasilitasi Deklarasi Perdamaian di Afganis

Liga Muslim Dunia (MWL) fasilitasi Konferensi Islam perdamaian Afganistan.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Agung Sasongko
Rakyat Afganistan bersiap hidup era pasca pasukan AS.
Foto: the new yorker
Rakyat Afganistan bersiap hidup era pasca pasukan AS.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Liga Muslim Dunia (MWL) menjadi tuan rumah kegiatan Konferensi Islam tentang Deklarasi Perdamaian di Afghanistan, yang berlangsung di Makkah hari ini, Kamis (10/6) waktu setempat.

Di bawah naungan Arab Saudi, acara ini akan mempertemukan para ulama senior dari Afghanistan dan Pakistan untuk sebuah peristiwa bersejarah dan penting di jalan menuju rekonsiliasi antara faksi-faksi yang bertikai, dalam upaya untuk mengakhiri pertempuran dan membawa perdamaian ke negara itu.

Penyelenggara mengatakan, konferensi itu berasal dari keyakinan pada peran MWL dalam menyelesaikan semua konflik dan perselisihan dalam tatanan masyarakat dunia Islam. Di samping, adanya dukungan dan perhatian besar yang diberikan oleh Arab Saudi.

Penyelenggara mengatakan, konferensi ini berlangsung di saat konflik yang berlangsung lama di Afghanistan yang membawa ekstremisme, ketidaktahuan, rasisme dan intoleransi. Menurut mereka, konflik demikian harus dihadapkan dengan ilmu pengetahuan, kesadaran, pencerahan pemikiran, dan kebangkitan perasaan murni dari keyakinan dan prinsip-prinsip mulia Islam yang berusaha untuk mempromosikan kebaikan.

Mereka mengatakan, jalannya konferensi itu akan mencerminkan rasa tanggung jawab bersejarah MWL sebagai perwakilan dari semua Muslim, dan keinginannya untuk mencapai persatuan, solidaritas dan kerukunan, keamanan masyarakat, dan keselamatan warganya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement