Jumat 11 Jun 2021 06:07 WIB

Setelah Batal, Maka Makin Panjang Antrean Haji

Calon jamaah haji hanya bisa pasha ketika dibatalkan

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Subarkah
tampak calon haji di Tasikmalaya tahun 2019
Foto: bayu adji p
tampak calon haji di Tasikmalaya tahun 2019

IHRAM.CO.ID, Kebijakan pemerintah membatalkan keberangkatan haji 2021 telah membuat kecewa para calon jamaah haji. Mereka pun harus kembali menunggu dan berharap pelaksanaan haji tahun depan bisa terlaksana dengan normal. Kekecewaan tak bisa pergi haji tahun ini juga dirasakan Zulkifli. Ia bersama istrinya tercatat sebagai calon jamaah haji asal Jambi yang dijadwalkan berangkat tahun ini. 

Zulkifli mengaku segala hal telah dipersiapkannya sejak lama agar bisa berhaji tahun ini. Ia pun senantiasa berolahraga setiap hari untuk menjaga kesehatan fisik. Bahkan Zulkifli pun bersegera mengikuti vaksinasi Covid-19 sebab dikhawatirkan itu menjadi syarat bagi calon jamaah haji luar. Akan tetapi, Zulkifli pun harus menerima kenyataan pembatalan keberangkatan haji tahun ini. 

"Kalau persiapan berangkat sudah persiapan fisik dengan membiasakan jalan kaki setiap pagi, dan persiapan spiritual dengan mempelajari petunjuk haji. Kalau vaksin meningitis sudah tahun lalu, kalau vaksin Covid-19 saya sudah dua kali, dan istri baru sekali. Pada dasarnya sudah siap berangkat," kata Zulkifli kepada Republika beberapa waktu lalu.

Meski begitu, Zulkifli tetap optimis. Di tengah adanya pemberitaan tentang jamaah yang menarik dana hajinya kembali, ia memilih tetap sabar menanti agar bisa diberangkatkan haji tahun depan. 

 

"Dengan istri sudah sepakat konsisten menunggu tahun 2022 karena pada dasarnya kita meyakini ketentuan Allah," katanya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement