Kamis 10 Jun 2021 20:28 WIB

40 Warga Bukittinggi Meninggal Terpapar Covid

Jumlah pasien Covid-19 meninggal di Bukittinggi bertambah dua orang.

Virus corona dalam tampilan mikroskopik. (ilustrasi)
Foto: EPA/CDC
Virus corona dalam tampilan mikroskopik. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BUKITTINGGI -- Sebanyak 40 warga Kota Bukittinggi, Sumatra Barat, meninggal dunia akibat virus Covid-19 sejak 2020. Jumlah itu diperoleh setelah dua pasien meninggal pada Rabu (9/6).

"Terjadi penambahan kasus kematian karena Covid-19 yang disertai penyakit bawaan dari pasien dua orang, masing-masing dari Kelurahan Garegeh dan ATTS," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bukittinggi, Linda Faroza di Bukittinggi, Kamis.

Baca Juga

Ia menjelaskan, data terakhir dari Dinkes Kota Bukittinggi mencatat terjadi penambahan kasus sebanyak 21 orang pada Rabu. "Rinciannya, dua orang di Kecamatan Guguk Panjang, 13 orang di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan dan enam orang dari Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB)," kata dia.

Penambahan kasus ini menjadikan Kota Bukittinggi memiliki 1.959 orang terkonfirmasi positif Covid-19 sejak kasus ini muncul pada 2020. Linda Faroza menambahkan, Pemkot Bukittinggi melalui Dinas Kesehatan berharap warga lanjut usia di kota ini bersedia melakukan vaksinasi gratis untuk langkah antisipasi penyebaran.

"Karena dari data yang didapat, 80 persen pasien yang meninggal itu memiliki usia di atas 60 tahun, dengan itu kita berharap agar lansia bisa terlindungi dari Covid-19 ini dengan pemberiaan vaksin," kata dia.

Dinas Kesehatan juga mengimbau kepada seluruh warga untuk patuh protokol kesehatan dan menjaga kondisi tubuh diri sendiri dan keluarga.

"Mari tingkatkan imun, makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, serta selalu berdoa semoga wabah pandemi Covid-19 segera berakhir," kata Linda.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement