Jumat 11 Jun 2021 14:00 WIB

Lokasi AIUIa Pikat Pembuat Film Global

Perusahaan produksi film dan TV terus berkunjung dan mengeksplorasi syuting di AlUla

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Arab Saudi membuka kembali situs warisan alam AlUla pada akhir Oktober.
Foto: afalula.com
Arab Saudi membuka kembali situs warisan alam AlUla pada akhir Oktober.

IHRAM.CO.ID, ALULA — Komisi film yang berlokasi di kota bersejarah AlUla atau disebut Film AlUla, Arab Saudi terus menarik lebih banyak produksi film dan televisi internasional dan lokal. Film AlUla mendapat kesuksesan luar biasa dalam pembuatan film Amerika Cherry. Film tersebut merupakan film Hollywood pertama yang pengambilan gambarnya di AlUla oleh dua sutradara kelas dunia, Anthony dan Joe Russo.

Adegan untuk film Cherry diambil di ibu kota Riyadh dan bekerja sama dengan Saudi Aramco, serta beberapa lokasi di AlUla. Sejak Arab Saudi mulai mengeluarkan visa turis di seluruh dunia, perusahaan produksi film dan televisi terus berkunjung dan mengeksplorasi syuting di AlUla dan di seluruh negeri.

Baru-baru ini, produksi Hollywood lainnya menandatangani perjanjian bersama dengan Film AlUla untuk syuting di provinsi yang akan diarahkan, diproduksi, dan dibintangi oleh beberapa bintang Hollywood. Selain peningkatan produksi internasional, Film AlUla terus mendukung dan membangun produksi lokal.

Di antara banyak proyek lokal, yaitu Bayn Al-Rimal oleh Muhammad Al-Atawi dan Noura oleh Tawfiq Al-Zaidi, yang memenangkan Daw\' ( Ringan) Kompetisi Film. Film AlUla akan membiayai kedua film tersebut dan menyediakan semua persyaratan pembuatan film di AlUla.

 

Komisi film dibentuk dalam 11 komisi kebudayaan pada Februari tahun lalu dan yang dewan direksinya diketuai oleh menteri kebudayaan. Komisi tersebut bertanggung jawab untuk mengembangkan dan mendukung sektor film di Saudi dan mendorong individu, institusi, dan perusahaan untuk memproduksi dan mengembangkan konten.

Untuk menarik para pembuat film internasional, administrasi Film AlUla mengandalkan situs atraksi gubernur. Ini untuk mengimplementasikan visi mereka memimpin industri kreatif yang menjadikan AlUla sebagai tujuan film dan konten internasional.

Film AlUla menyediakan paket layanan yang menarik bagi banyak pembuat film dari seluruh dunia. Ini termasuk tim ahli film yang sudah mapan di AlUla untuk membantu memfasilitasi produksi film internasional dan membangun ekosistem yang sesuai untuk pembuatan film.

Selain warisan dan kedalaman budaya yang berasal dari lebih dari 200 ribu tahun sejarah manusia dan 7.000 tahun peradaban, AlUla memiliki keragaman medan yang unik. Area itu membentang lebih dari 22.500 km lembah menawan dan formasi batuan menakjubkan yang diciptakan oleh angin dan air selama jutaan tahun.

Dilansir Saudi Gazette, Jumat (11/6), desa, pertanian, dan kota di provinsi dengan bangunan tua dan modern serta infrastruktur hotelnya menawarkan berbagai pilihan bagi pembuat film. Film AlUla bekerja untuk mendukung dan merangsang produksi film lokal dalam kemitraan dengan lembaga pemerintah berdasarkan upaya komisi Saudi untuk berkontribusi pada realisasi Visi Saudi 2030.

Melalui kemitraan strategis mereka, komisi film dan administrasi Film AlUla berusaha untuk menciptakan dan mengembangkan sektor film yang berkelanjutan di barat laut Arab Saudi dengan memfasilitasi investasi internal, menarik film internasional dan regional, acara televisi dan dokumenter untuk pembuatan film di AlUla.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement