Jumat 11 Jun 2021 15:42 WIB

Kisah Penjaga Masa Lalu Puisi Sufi dan Batin Afghanistan

Kisah penyair berusia 81 tahun menjaga tradisi dan semangat di perpustakaan di Kabul

Sufi mistik dan penyair berusia delapan puluh satu tahun Haidari Wujodi duduk di mejanya di Perpustakaan Umum Kabul.
Foto: Aljazeera.com
Sufi mistik dan penyair berusia delapan puluh satu tahun Haidari Wujodi duduk di mejanya di Perpustakaan Umum Kabul.

IHRAM.CO.ID, Pada pagi Maret yang cerah di tahun 2020, mobil-mobil yang macet membunyikan klakson dengan ribut di bundaran di seberang tembok tinggi, dijaga oleh segelintir pria berseragam di ibu kota Afghanistan. Di balik tembok itu terdapat Perpustakaan Umum Kabul. Bangunan dengan  struktur bata sederhana tiga lantai yang dibangun 55 tahun yang lalu. 

Meski terjebak di antara gedung-gedung pemerintah yang megah, bangunan perpustakaan itu mirip sebuah oase di ibu kota yang kacau balau yang koridornya, kumuh dan remang-remang, sunyi senyap. Namun di sela itu  celoteh samar para penjaga yang minum teh di luar ter dengar. Isinya tentang puisi Afghanistan halus dan mendalam, mengisyaratkan gagasan spiritualisme, dan perasaan transendental rakyat Afghanistan.

Seperti dilansir Al Jazeera.com, puisi itu adalah renungan penyair berusia 81 tahun Ghulam Haidar Haidari Wujodi. Saat itu dia tengah membungkuk di atas mejanya yang terletak di antara menara buku yang terhuyung-huyung di pantai atas perpustakaan itu.

Dari sebuah lubang seukuran seperempat di jendela besar tepat di atas topi merah kecil yang seimbang di kepala Wujodi, tampak retakan memanjang, seperti lingkaran laba-laba. Ini hasil dari terpaan lemparan bantalan bola baja dari bom mobil yang meledak di dekat gedung ini setahun sebelumnya.

 

Desah puisi dan lobang belar bom adalah pengingat yang menggelegar tentang realitas Kabul, dan anehnya bertentangan dengan suasana ruangan yang tenang perpustakaan itu. Di balik kaca yang retak, kota berdengung itulah berada. Wujodi sendiri lahir di provinsi Panjshir, di bagian timur laut negara itu, tetapi ia pindah ke Kabul sebagai seorang pemuda dengan impian besar menjadi penyair yang diterbitkan. 

Setelah di Kabul dia bergabung dengan Asosiasi Penyair, yang didirikan oleh para anggotanya – sarjana, dramawan, guru, dan penyair dari seluruh negeri – pada tahun 1965. Mereka berkumpul untuk membaca dan berbagi karya dan sumber daya mereka satu sama lain. " Bagi saya kesempatan itu adalah ruang yang penuh dengan semangat dan harapan, kata Wujodi. “Hanya ada energi semacam ini yang kita semua dapatkan dari satu sama lain dan berikan satu sama lain.”

Dia kemudian bercerita bila sebelum itu para penyair Afgahnistan belum pernah menerima dukungan semacam itu atau mengalami rasa persahabatan seperti itu sebelumnya. Maka bersama dengan tiga anggota asosiasi, ia melanjutkan untuk mendirikan Perpustakaan Umum Kabul pada tahun 1966. Ini adalah satu-satunya perpustakaan umum milik negara di Kabul dan yang tertua dari beberapa perpustakaan umum di Afghanistan.

The keeper of Afghanistan's poetic past | Arts and Culture | Al Jazeera

Keterangan foto: Rak berbaris di setiap dinding di 'bagian surat kabar' di lantai dua perpustakaan. Kliping koran yang diselamatkan dari awal tahun 1920-an diikat dengan penuh kasih dan diatur dengan cermat dan dikatalogkan berdasarkan tahun [Lynzy Billing/Al Jazeera]

Awalnya, Wujodi bekerja sebagai petugas perpustakaan – menata dan membuat katalog buku, majalah, dan surat kabar menggunakan sistem kartu katalog manual. Kemudian dia mengambil alih bagian majalah, mengaturnya berdasarkan tanggal dan subjek.

Wujodi pensiun beberapa tahun yang lalu tetapi terus muncul setiap hari di perpustakaan yang telah menjadi rumahnya sama seperti dia telah menjadi perpustakaan itu sendiri. Dia sering kali menjadi orang pertama yang tiba setiap pagi, mengalahkan lalu lintas pagi hari pada jam sibuk, dan selalu menjadi orang terakhir yang pergi saat senja tiba di ibu kota.

Dia sekarang mendedikasikan waktunya untuk siswa sekolah menengah dan universitas yang bersemangat mencari uluran tangan ketika mereka mencari bahan untuk tugas tesis dan penelitian mereka di negara di mana sumber daya pendidikan masih langka – meskipun mejanya terbuka untuk siapa saja yang mencari saran, referensi atau hanya perdebatan remeh sembari minum teh.

“Kami tidak memiliki banyak perpustakaan di Afghanistan atau sumber daya untuk melestarikan buku dengan benar,” katanya sembari membelai janggut putihnya dan kemudian berhenti sejenak seolah tenggelam dalam pikirannya.

“Tetapi jika kita ingin mengenal dunia kita lebih baik dan mendapatkan pengetahuan tentang semua bangsa, budaya, politik dan sejarah, Anda harus belajar. Dan perpustakaan adalah kunci untuk mendapatkan pengetahuan ini. Maka inilah yang membuat mengapa saya menghargai perpustakaan ini dan mengapa itu sangat berarti bagi saya, ” lanjut Wujodo sembari mengangguk setuju dengan dirinya sendiri saat dia berbicara.

“Perpustakaan kami kecil dan tua, tetapi kami berusaha sekuat tenaga untuk membangun koleksi dan saya bangga akan hal itu,'' tegasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement