Ahad 13 Jun 2021 14:28 WIB

Merayakan Zaitun di Arab Saudi

Arab Saudi memiliki perkebunan zaitun terbesar di dunia.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Merayakan Zaitun di Arab Saudi. Buah zaitun.
Foto: EPA
Merayakan Zaitun di Arab Saudi. Buah zaitun.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Jouf Olive Festival (Festival Zaitun Jouf) yang menjadi tuan rumah bagi 45 petani diadakan untuk merayakan panen pada tahun ke-14. Semuanya bersaing untuk Penghargaan Pangeran Faisal bin Nawaf senilai 500 ribu riyal dan diberikan oleh sang pangeran yang juga gubernur daerah.

Dilansir di Arab News, Ahad (13/6), festival ini juga menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya, para petani dari Amerika Serikat (AS), Spanyol, Argentina, Italia, China, Palestina, Yordania, Maroko, dan Mesir untuk berbagi pengalaman mereka tentang industri ini.

Baca Juga

Direktur jenderal hubungan masyarakat dan media dan juru bicara resmi untuk Kota Jouf Omar Al-Hamwan mengatakan produksi zaitun Arab Saudi mencapai 120 ton per tahun. Ada komite khusus guna memantau volume penjualan pada akhir festival serta untuk memahkotai para pemenang penghargaan.

Al-Hamwan mengungkapkan, tidak ada minyak yang bisa diikutsertakan ke dalam festival kecuali disertifikasi dan diuji oleh laboratorium Kotamadya Jouf. Hal ini dilakukan untuk memastikan kualitas, keasaman, dan kesesuaiannya untuk konsumsi manusia.

Dia mengatakan kota-kota Saudi lainnya juga menjadi pusat produksi minyak zaitun, seperti Tabuk dan Al-Baha. Namun, Jouf masih menghasilkan volume terbesar.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement